Keamanan dan Pengawasan Jaringan

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Di jaringan berkabel tradisional, kontrol akses sangat sederhana: Jika seseorang punya akses langsung (secara jasmani) ke komputer atau hub jaringan, mereka bisa memakai (atau menyalahgunakan) sumber daya jaringan itu. Sementara mekanisme software adalah komponen penting dari keamanan jaringan, membatasi akses langsung ke alat-alat jaringan adalah mekanisme kontrol akses yang terbaik. Dengan sederhana, jika semua terminal dan komponen jaringan hanya bisa diakses oleh individu yang terpercaya, jaringan itu mungkin bisa dipercaya.

Peraturan berubah secara signifikan untuk jaringan nirkabel. Sementara jangkauan dari akses point kelihatannya hanya beberapa ratus meter, seorang user dengan antena dengan pengguatan tinggi mungkin dapat memakai jaringan dari jangkauan beberapa blok. Jika seorang user yang tidak sah ketahuan, tidak mungkin bisa secara sederhana “mengikuti jejak kabel” kembali ke lokasi user. Tanpa mentransmit sebuah paket, seorang user bahkan bisa mengambil semua data jaringan ke disk. Data ini nantinya bisa untuk meluncurkan serangan yang lebih hebat terhadap jaringan itu.

Jangan pernah berpikiran kalau gelombang radio secara sederhana “berhenti” di ujung batas rumah anda. Biasanya tak masuk akal untuk percaya pada semua user di jaringan, bahkan di jaringan berkabel. Karyawan yang kesal, user jaringan tidak terdidik, dan kesalahan sederhana dari para user jujur bisa membawa kerusakan yang signifikan ke operasi jaringan. Sebagai arsitek jaringan, sasaran kamu adalah menyediakan komunikasi pribadi di antara user-user sah dari jaringan. Sementara beberapa bagian dari kontrol akses dan pembuktian keaslian diperlukan di jaringan manapun, kamu sudah gagal dalam pekerjaanmu jika user-user sah menemukan bahwa sulit untuk memakai jaringan itu untuk berkomunikasi. Ada perkataan lama bahwa cara satu-satunya untuk benar-benar mengamankan sebuah komputer adalah cabut kabelnya, masukkan ke dalam kotak besi, hancurkan kuncinya, dan kubur semuanya di dalam beton. Biarpun sistem seperti itu bisa betul-betul “aman”, itu tidak berguna untuk tujuan komunikasi. Ketika anda memilih pilihan keamanan untuk jaringan anda, ingatlah bahwa di atas semuanya, jaringan itu ada agar para user bisa berkomunikasi satu sama lain. Keamanan itu penting, tetapi seharusnya tidak menghalangi pemakaian user jaringan.




[edit] Pranala Menarik

Personal tools