Kenapa Linux ditakuti Virus

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Sumber:

Secara umum didalam dunia IT gak akan pernah ada yang bisa secure 100% kenapa? karena yang buat itu manusia sedangkan tau dirilah Loe loe manusia yang percaya KETUHANAN gak ada yang sempurna bozz. Back to Toopic. kenapa kenapa alasannya :

  1. Dalam linux, user biasanya tidak memegang account root/admin sehingga kerusakan dapat dibatasi.
  2. Untuk menjalankan (execute) program/applikasi/virus/script, biasanya membutuhkan permission (lihat poin 1 ki) dan file tersebut harus di set sebagai executable. jika tidak demikian, file tersebut hanya terbaca sebagai text file/unknown.
  3. Flash drive (usb storage) biasanya menggunakan fat32 untuk kompatibilitas. biasanya file-file di fat32 tidak terset sebagai executable.
  4. Keanekaragaman linux sangat luar biasa. oleh karena itu sulit untuk virus menyebar ke komputer lain. virus windows mudah menyebar karena, settingan di windows semuanya identik (statis). sedang dilinux struktur direktorinya maupun settingannya bersifat (dinamis) tergantung distro yang dipake
  5. -Security exploit di linux biasanya berdasarkan applikasi, bukan berdasarkan linux/kernelnya(like system32 on windows). contoh: di windows banyak sekali virus yang menggunakan visual basic (vbs), active x, dan autorun. tidak sedikit virus makro yang berasal dari file-file microsoft office. rata-rata komputer yang dipasang windows mempunyai program-program tersebut (terutama vbs dan active x).
  6. Dependency di linux juga dapat menyebabkan virus sulit untuk dijalankan.(binun jelasne pekk)
  7. Terkait dengan poin 6 & 7, linux sangat modular. misalnya: jika anda tidak membutuhkan web server seperti apache, anda tidak perlu menginstall, bahkan anda dapat menguninstallnya jika tidak dibutuhkan(bersifat mandiri-tidak paketan seperti program di windows). berbeda dengan windows xp, di windows xp IIS, OE, IE, VBS terinstall secara otomatis, dan tidak bisa diuninstall dengan mudah
  8. Perkembangan virus untuk linux masih minim, dapat dikatakan virus untuk linux yang beredar tidak terlalu membahayakan(sing gawe maless) bila dibandingkan dengan Windows (kemarukk bill gates monopoli market OS).
  9. lek iki rodok NARSIZZ) Pengguna linux biasanya lebih technology savvy(gak gaptek), sehingga bisa dikatakan mereka lebih mengetahui tentang safe computing daripada pengguna windows. jadi, jika anda mengatakan bahwa virus tidak bisa kena linux (ubuntu, fedora, dsb), anda hanya 1/2 benar.
  10. Enek maneh Di Linux 100% FREE FROM SIN(dosa) kenapa karena Linux is Free (not gratis) and LEGAL to DUPLICATE unlike WINDO**WS.Wis kalo kamu MERASA BANYAK DOSA TRY IT AND SHARE IT 4 BETTER LIFE

[edit] Referensi


[edit] Pranala Menarik

Personal tools