Konfigurasi Access Point Planet WAP-1965 Menggunakan Web

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Beberapa Access Point menyediakan interface untuk mengkonfigurasinya. Tampak pada gambar adalah interface Web untuk konfigurasi dari Planet WAP-1965.

Semua informasi / status kondisi konfigurasi dapat dilihat di halaman status. Kita dapat melihat konfigurasi TCP/IP, radio maupun melihat beberapa statistik.

Pada halaman basic setting, kita dapat menset konfigurasi dasar sebuah Access Point, terutama SSID, nama AP dan channel yang digunakan. Jika kita perlu jaringan yang aman, maka kita dapat mengaktifkan WEP di bagian basic setting.


Pada bagian IP setting, kita dapat men-set konfigurasi TCP/IP agar IP address statik / fix atau IP address dynamic / automatis.

Salah satu fitur yang menarik dari Access Point Planet, dia memiliki DHCP server di dalamnya sehingga dapat memberikan IP address ke klien yang tersambung. Kita dapat men-set alokasi IP address yang ingin diberikan ke klien wireless.

Di bagian advance setting, kita dapat menset berbagai parameter Access Point yang berkaitan dengan performance Access Point.

Pada bagian advance setting, kita dapat menset mode operasi Access Point apakah sebagai Access Point, atau Client Wireless, atau Wireless Bridge, atau Multiple Bridge dengan banyak bridge di jaringan.

Pada sebuah infrastruktur WiFi diluar ruangan, beacon dari Access Point sering kali tidak di perlukan. Access Point beacon terutama dibutuhkan pada konfigurasi hotspot dimana pengguna datang dan pergi. Pada konfigurasi WiFi untuk outdoor akan lebih aman dari penyusup jika Access Point Beacon tidak di aktifkan.

Request To Send (RTS) Threshold & Fragmentation Threshold hanya akan beroperasi jika di set lebih kecil dari Maximum Transmission Unit (MTU) dari Ethernet. MTU biasanya di set 1500byte. RTS threshold & Fragmentation threshold biasanya digunakan di jaringan yang padat. Fragmentaion threshold mengatur panjang paket maximum yang dapat dikirim lewat udara. Jika paket yang dikirim melalui radio lebih panjang dari fragmentation threshold, maka akan di potong-potong dengan panjang maximum fragmentation threshold. Di ujung lain, potongan paket yang masuk disatukan kembali menjadi paket awal. Proses fragmentation tersebut dibutuhkan untuk meningkatkan reliabilitas di jaringan yang padat.

Pada bagian advance setting ini, kita dapat pula mengatur beberapa parameter lainnya, seperti kecepatan transfer data, antenna yang akan di aktifkan, tipe authentikasi, panjang bit preamble. Short preamble dapat digunakan di jaringan wireless indoor yang reliable. Untuk jaringan outdoor, yang umumnya tidak reliable, harus digunakan long preamble.

Di bagian security, kita dapat menset username & password untuk administrator.

MAC filter dapat di set pula di bagian ini. Hanya Card WLAN dengan MAC address yang ada di tabel saja yang dapat mengakses dan menggunakan Access Point.

MAC address card wireless biasanya di tulis di belakang alat yang kita gunakan. MAC address card WLAN di PC dapat diketahui menggunakan perintah,

Di Windows

ipconfig /all


Di Linux

# ifconfig


[edit] Pranala Menarik

Personal tools