Lima Alasan untuk Memperbarui Komputer Anda

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Oleh: Dhyoti R. Basuki

Sudah lebih dari 15 tahun berlalu sejak Pentium pertama kali diperkenalkan dan dunia komputer telah berubah secara signifikan. Ruang lingkup online tidak hanya mengenai VGA graphics, AltaVista dan Netscape saja tetapi kini sudah bertambah dengan Internet Explorer dan Google. Dunia komputer pun tidak hanya digeluti oleh para pelajar, peneliti ataupun pekerja kantoran saja tetapi sudah merambah kepada anak-anak yang mulai belajar untuk mengakses internet sejak mereka mulai bisa membaca.

Setiap hari kita membuat video sendiri, meng-upload foto dan mencoba menciptakan sesuatu yang baru dengan bantuan informasi dari internet. Apa artinya semua ini? Agar kita dapat terus berhubungan dengan dinamika internet dan pergerakan informasi yang sangat cepat saat ini, sudah waktunya untuk meningkatkan kapasitas yang kita butuhkan. Bila anda sedang memilih antara Pentium Dual Core dan prosesor teranyar dari Intel yaitu Core™ i7 atau Core™ i5, berikut adalah lima alasan yang perlu Anda pertimbangkan untuk membeli:

  • Performa Saat Anda membutuhkannya. Seperti seekor cheetah, prosesor Anda mampu bekerja cepat dengan beban macam-macam aplikasi yang berat. Untuk bisa seperti itu, prosesor harus bekerja lebih keras dan umumnya tidak mudah dilakukan. Penggemar game kerap meningkatkan kemampuan mesinnya agar prosesor dapat menampilkan kinerja yang maksimal guna memenangkan pertandingan gaming. Dulu hal itu tidak mudah dilakukan oleh orang awam, namun kini hal itu sangat mungkin untuk dilakukan.Kala Anda sedang menikmati DVD atau mengolah CD untuk mendokumentasikan foto-foto liburan Anda, prosesor Core™ i7 dan Core™ i5 dengan teknologi turbo boost-nya dapat memberikan frekuensi tambahan lebih dari 20 persen untuk membuat komputer Anda bekerja lebih cepat.
  • Melakukan Berbagai Pekerjaan Sekaligus, Namun Tetap Lebih Cepat Kita telah melakukan berbagai pekerjaan atau membuka berbagai aplikasi sejak awal Pentium® tapi kini zaman telah berubah. Kita tidak hanya berhadapan dengan dokumen dan aplikasi yang hanya berisi teks dan angka-angka sederhana saja. Namun sekarang kita mengolah aplikasi multimedia yang kaya variasi untuk konsumsi dan kreasi konten, seperti foto dan menonton serta mengedit video, permainan online yang melibatkan banyak pemain, dan aplikasi lain yang membutuhkan kinerja CPU yang intensif. Di rumah, kita sering menggunakan komputer untuk memutar lagu favorit dengan iTunes sambil melihat atau mengedit foto dengan program Photoshop. Sementara di kantor, apakah Anda menggunakan program power point, menulis email, melakukan video streaming melalui YouTube dan mengerjakan spreadsheet, serta menjalankan aplikasi anti virus secara bersamaan? Prosesor terbaru Core™ i7 dengan Hyper-Threading Technology memungkinkan Anda untuk melakukan semua hal di atas dalam waktu yang lebih cepat. Dengan thread yang lebih banyak akan lebih mudah untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dan bergantian dari melihat foto, video, musik dan pekerjaan kini lebih cepat dari yang sebelumnya.
  • Membuat Film Lebih Cepat. Kini kita tidak hanya mencari informasi di internet; tetapi membantu membentuk dan mengembangkan internet. Perbedaan antara membuat suatu video petualanganmu di World of Warcraft (WoW) atau pembuatan video keluarga yang membutuhkan waktu a) satu sore hari atau b) satu bulan tergantung pada seberapa cepat komputer Anda mampu mengedit. Bila Anda seorang jurnalis, perbedaannya adalah apakah karya merupakan yang paling sering dilihat di YouTube atau hanya terpampang di “Related Videos” ketika berita tersebut ditayangkan. Pada mesin dengan prosesor Intel Core™ i5 terbaru di dalamnya, Anda dapat memproses tiga film berdurasi 10 menit untuk diunggah ke YouTube dalam 79 detik - tiga kali lebih dari daya kerja Pentium® Dual Core yang membutuhkan hampir empat menit untuk melakukan hal yang sama1. Core™ i5 juga mengedit foto 1.9 kali lebih cepat dari Pentium® Dual Core2!
  • Jangan Sampai Kalah! PC gaming adalah olahraga yang sangat kompetitif. Perbedaan antara menang dan kalah seperti di olahraga kompetitif lainnya - dapat terjadi dalam hitungan milidetik. Pemain mengetahui pentingnya prosesor komputer yang cepat dan terkini. PC Anda harus lebih cepat dari Anda, sehingga ketika Anda menembak, berlari, atau mengeluarkan mantra prosesor dapat bereaksi pada saat itu juga dan tidak menunggu dalam antrian perintah selanjutnya. Seberapa banyak perbedaan yang dihasilkan oleh prosesor anda? Prosesor Core™ i7 terbaru bekerja empat kali lebih cepat dari Pentium® Dual Core ketika diuji coba dalam Game Physics and Artificial Intelligence3. Hal ini merupakan sebuah keuntungan yang signifikan!
  • Jadilah Mobil Terbaru, Bukan Mobil yang Lama Model T Ford pernah menjadi kendaraan yang hebat pada masanya, tetapi kendaraan masa kini memiliki kekuatan dua kali lipat dan dapat menempuh jarak lebih jauh dua kali lipat dengan bahan bakar yang jauh lebih sedikit. Hal ini dapat terjadi karena mesinnya jauh lebih hemat mengkonsumsi bahan bakar. Demikian juga dengan prosesor terkini seperti Core™ i5 dapat merubah 10 lagu lebih banyak dalam lima menit untuk dinikmati dalam perjalanan Anda namun memakai lebih sedikit daya dari prosesor Pentium® Dual Core4


[edit] Pranala Menarik

Personal tools