Linux

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search
Sejarah Unix
Sejarah Unix


Linux (umum diucapkan / lɪnəks /) adalah istilah generik yang merujuk ke Unix komputer seperti sistem operasi berbasis kernel Linux. Development Linux adalah salah satu contoh yang menonjol dari kolaborasi perangkat lunak free open source; dimana semua source code yang dapat digunakan, bebas dimodifikasi, dan didistribusi ulang oleh siapapun dengan lisensi GNU GPL dan perangkat lunak bebas lisensi.

Linux banyak dikenal penggunaannya di server, meskipun dapat dipasang pada berbagai jenis perangkat keras komputer, mulai dari embedded device dan ponsel ke supercomputer. Distribusi Linux, baik yang terpasang pada komputer desktop dan laptop, telah menjadi semakin biasa dalam beberapa tahun terakhir, sebagian karena distribusi yang populer Ubuntu dan munculnya netbook.

Nama "Linux" berasal dari kernel Linux, awalnya ditulis pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistem lainnya biasanya terdiri dari komponen seperti Apache HTTP Server, X Window System, K Desktop Environment, dan perpustakaan dan utilitas dari sistem operasi GNU (diumumkan pada tahun 1983 oleh Richard Stallman). Aplikasi yang umum digunakan dengan sistem desktop Linux termasuk Mozilla Firefox web browser dan aplikasi kantor OpenOffice.org suite. Kontribusi GNU adalah dasar untuk Free Software Foundation untuk lebih suka memilih nama GNU / Linux.

[edit] Mengapa Pakai Linux

[edit] Referensi

[edit] Pranala Menarik

Personal tools