Linux kernel

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Kernel Linux adalah kernel sistem operasi yang digunakan oleh keluarga sistem operasi Linux yang mirip Unix. Istilah distribusi Linux yang digunakan merujuk pada berbagai sistem operasi yang berjalan di atas kernel Linux.

Kernel Linux dirilis di menggunakan GNU General Public License versi 2 (GPLv2) plus lisensi eksklusif untuk beberapa BLOB kontroversial dan dikembangkan oleh kontributor di seluruh dunia, Linux adalah salah satu contoh yang paling menonjol perangkat lunak bebas / open source. Pengembangan kernel Linux sehari-hari berlangsung di milis.

Kernel Linux pada awalnya dibuat dan disusun oleh mahasiswa teknik perangkat lunak Finlandia Linus Torvalds pada tahun 1991. Awalnya, masyarakat MINIX mengkontribusikan kode dan ide untuk kernel Linux. Pada saat itu, proyek GNU telah membuat banyak komponen yang dibutuhkan untuk sebuah sistem operasi perangkat lunak bebas, namun menggunakan kernel sendiri, GNU Hurd, yang tidak lengkap dan tidak tersedia. Sistem operasi BSD belum membebaskan diri dari masalah legalnya. Hal ini berarti bahwa meskipun terbatas fungsionalitas dari versi awal, Linux dengan pesat mengakumulasi pengembang / developer dan pengguna yang diadopsi source code yang digunakan untuk proyek-proyek dengan sistem operasi baru. Kernel Linux telah menerima sumbangan dari ribuan programer.

[edit] Pranala Menarik

Personal tools