MediaWiki

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

MediaWiki adalah sebuah paket perangkat lunak wiki yang menggunakan lisensi GNU General Public License. MediaWiki merupakan perangkat lunak yang dibuat secara khusus untuk Wikipedia dan proyek-proyek lainnya dari Yayasan Wikimedia, tetapi sekarang ini sudah digunakan secara luas.

MediaWiki dibuat dengan menggunakan PHP dengan texvc untuk proses render simbol-simbol matematika, dan menggunakan sistem manajemen basis data relasional MySQL. Logonya menyimbolkan bagaimana bahasa markahnya menggunakan kurung siku ganda ("[[","]]") untuk menggabungkan artikel-artikel. MediaWiki mampu untuk bekerjasama dengan perangkat lunak lainnya untuk meningkatkan unjukkerja dan kemampuannya antara lain dengan memcached, sebuah sistem squid cache dan TeX sebuah math rendering. Dengan menggunakan extension dan hook system, pengguna dapat menambahkan fitur-fitur yang mereka buat untuk digunakan di MediaWiki.

Contents

[edit] Sejarah

MediaWiki pertama kali ditulis untuk Wikipedia oleh mahasiswa Universitas Cologne bernama Magnus Manske. Perangkat lunak ini pertama kali menggunakan UseModWiki berbasis Perl (dinamakan "Fase I" oleh komunitas Wikipedia), dan kemudian digantikan dengan PHP ("Fase II") pada 25 Januari 2002. Hari itu dikenal dalam komunitas Wikipedia sebagai "Hari Magnus Manske".

Pada pertengahan 2002, perangkat lunak ini dikembangkan lebih lanjut menjadi "Fase III". Sejak pertengahan 2003, perangkat lunak yang tadinya tidak bernama kemudian dinamakan "MediaWiki" dan sejak itu versi-versi terbaru dirilis secara teratur.

Versi Catatan
1.4 MediaWiki 1.4 dirilis pada 20 Maret 2005. Brion Vibber menjadi pimpinan proyek. Pada versi 1.4, kecepatan prosesnya ditingkatkan menjadi dua kali lipatnya. Satu fitur baru yang diperkenalkan yaitu kemampuan pengguna untuk memilih bahasa antarmuka yang sesuai.
1.5 MediaWiki 1.5 dirilis pada 5 Oktober 2005. Pada versi inilah, gambar dengan format vektor (SVG) mulai didukung.
1.6 MediaWiki 1.6 adalah versi stabil sekarang ini. Versi ini diluncurkan pada 5 April 2006. Versi pengembangannya ini diluncurkan pada 20 Agustus 2005.
1.7 MediaWiki menggunakan PHP 5 dan tidak lagi mendukung PHP 4. Berkas yang telah dihapus dapat dikembalikan lagi dalam versi 1.7
1.8 Dalam versi 1.8, MediaWiki mendukung penggunakan berkas dengan format DjVu serta mendukung Ajax.
1.9 Dalam versi 1.9, MediaWiki memperkenalkan fitur "undo" dan pengembangan atas fitur pemblokiran serta memunculkan jumlah perubahan dalam byte di halaman perubahan terbaru dan halaman yang dipantau.
1.10
  • Fitur perlindungan runtun
  • Dukungan pada IPv6
1.11
  • $wgAddGroups dan $wgRemoveGroups ditambahkan untuk mengijinkan pengaturan hak akses yang lebih detil
  • Pemantauan laman berbasis AJAX diaktifkan
1.12 MediaWiki 1.10 adalah versi yang terbaru yang masih berada dalam pengembangan (1.10alpha). Semua proyek Wikimedia seperti Wikipedia telah menggunakan versi ini.

[edit] Situs web Indonesia berbasis MediaWiki

Silakan menambahkan daftar ini (diurutkan sesuai urutan alfabetis)

Kumpulan daftar berbagai situs web berbahasa Indonesia atau mengenai Indonesia yang berbasiskan MediaWiki:

[edit] Lihat pula

[edit] Pranala luar

Personal tools