Membuat Mirror Ubuntu di DVD

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Sumber: http://baskoro.wordpress.com/2007/02/14/bikin-mirror-ubuntu-trus-simpan-ke-dvd/

Februari 14, 2007 oleh baskoro

Pada suatu hari, aku mulai mikir. Debian yang ada di komputer rumah kok programnya banyak yang lama y. Trus aku jg g bs nginstall program baru. Soalnya debian di rumah versi etch dan cd debian yang aku punya yang versi sarge alias versi yang lebih lama. Jadi jelas g bisa klo aku mau nginstall paket dari cd. Trus aku pingin nyoba linux yang kubuntu. Soalnya takliat-liat di internet kok tampilannya lumayan dan takpikir cuma 1 dvd uda lengkap programnya.

Pas aku cari2 iso kubuntu di server kampus, ternyata aku baru tau kalo paket2nya kubuntu itu juga gak kalah banyak sama paketnya debian. Tapi berhubung udah terlanjur terpesona sama tampilannya jadi ya takcoba aja takinstall di rumah. Dan sukses.

Setelah sukses install kubuntu, baru aku sadar klo yang di cd installernya itu cm sedikit paket yang ada. Apalagi kubuntu yang takinstall blm bisa nyetel mp3 sama suaranya g mau keluar. Akhirnya aku tanya2 sama mas Yono gimana caranya bikin mirror dari repositori ubuntu. Dia bilang ada 2 program bwt itu, debmirror sama apt-mirror. Pertama aku nyoba yang debmirror. Tapi kok anehnya dia g mau ngambil semua paketnya.

Untungnya masih ada yg namanya apt-mirror. Program satu ini emang khusus untuk bikin mirror dari repository debian / ubuntu. Cara pemakaiannya pun g seberapa sulit. Cuman ubah file konfigurasi dikit trus command yang diketikkan g terlalu panjang.

Seperti yang ada di atas, yang pertama dilakukan adalah mengubah file konfigurasinya yang ada di /etc/apt/mirror.list. File konfigurasiku seperti di bawah ini :

# apt-mirror configuration file
##
## The default configuration options (uncomment and change to override)
##
set base_path /home/baskoro/mnt/other/ubuntu
set mirror_path $base_path/mirror
set skel_path $base_path/skel
set var_path $base_path/var
# set defaultarch <running host architecture>
# set nthreads 20
set _tilde 0
deb http://kambing.vlsm.org/ubuntu/ edgy main multiverse restricted universe

Nah maksud dari tulisan di atas adalah pertama tentang base_path. base_path itu direktori dimana semua file yang didonlod akan masuk. Jadi bukan hanya paket2nya saja. Paket2 akan masuk ke direktori mirror/nama_server/ubuntu. Untuk yang bagian paling bawah sendiri itu adalah bagian yg menentukan dari mana paket, distro apa ,versi mana, dan section apa yang di donlod. Dlm hal ini servernya adalah kambing.vlsm.org, distronya ubuntu versi edgy, dan paket yg kita donlod dari section main, multiverse, restricted, dan universe.

Setelah selesai mengkonfigurasi, skrg saatnya menjalankan perintah apt-mirror. Sebelumnya pastikan direktori mirror, skel, dan var sudah ada di base_path. Untuk menjalankanprogram ini bisa dengan cara su - apt-mirror -c apt-mirror ato klo di kompiku cukup apt-mirror aja. Soalnya aku pake login root. Habis program itu jalan, dia akan menampilkan berapa besar total file yang akan diambil. Dan selamat nunggu.

Begitu proses mirroring selesai, langkah berikutnya adalah bagaimana agar paket2 itu td bisa disimpan dlm DVD2 yang terpisah. Untuk melakukan hal itu bisa dengan aplikasi yang namanya debpartial. Aplikasi ini fungsinya untuk membagi daftar file apa saja yang ada dalam media penyimpanan yang dlm hal ini adalah DVD. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut :

mkdir ubuntu-dvd
debpartial --nosource --dirprefix=ubuntu --size=DVD --dist=edgy --section=main,multiverse,restricted,universe /home/baskoro/mnt/other/ubuntu ubuntu-dvd/

Untuk keterangan lebih lanjut ttg debpartial bisa dilihat di manualnya. Jadi contoh diatas akan membagi daftar paket yang muat dalam 1 DVD untuk ubuntu edgy yang sectionnya main, multiverse, restricted, dan universe. debpartial otomatis akan membuat direktori sebanyak media yg dibutuhkan. Misal butuh 3 DVD, maka akan ada direktori ubuntu-dvd/ubuntu0-2.

Setelah daftar paket selesai kita bagi, berikutnya adalah menyalin file dari tempat asal ke direktori yang dibuat oleh debpartial td. Untuk itu juga ada program yang namanya debcopy. Program ini 1 paket dengan debmirror dan butuh ruby untuk menjalankannya. Untuk contoh pemakaian bisa dilihat di bawah ini.

ruby debcopy /home/baskoro/mnt/other/ubuntu ubuntu-dvd/ubuntu0
ruby debcopy /home/baskoro/mnt/other/ubuntu ubuntu-dvd/ubuntu1
ruby debcopy /home/baskoro/mnt/other/ubuntu ubuntu-dvd/ubuntu2
ruby debcopy /home/baskoro/mnt/other/ubuntu ubuntu-dvd/ubuntu3

Setelah menjalankan perintah di atas paket2 yang ada di base_path akan dibagi berdasar daftar yang telah dibuat oleh debpartial. Kemudian langkah terakhir adalah membuat iso image dari paket2 itu yang nantinya diburn ke DVD. Dan lagi2 ada program untuk melakukan hal itu. Namanya mkisofs. Untuk membuat iso image caranya adl sebagai berikut :

mkisofs -f -J -r -o ubuntu-dvd-0.iso ubuntu-dvd/ubuntu0
mkisofs -f -J -r -o ubuntu-dvd-1.iso ubuntu-dvd/ubuntu1
mkisofs -f -J -r -o ubuntu-dvd-2.iso ubuntu-dvd/ubuntu2
mkisofs -f -J -r -o ubuntu-dvd-3.iso ubuntu-dvd/ubuntu3

Begitu sukses membuat iso image yang harus dilakukan hanyalah ngeburn image itu ke DVD. Jadi deh mirror anda di DVD. Untuk menambahkannya ke dalam daftar mirror di komputer anda cukup dengan menjalankan apt-cdrom. Program itu akan meminta anda memasukkan DVD/CD yg akan dijadikan sumber paket2.

Selamat Mencoba !!!!!



[edit] Referensi

[edit] Pranala Menarik

Personal tools