NetSains

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Febuary 2007, Merry Magdalena membangun NetSains pada alamat http://www.netsains.com. Misi dari NetSains dapat dilihat di situs NetSains sebagai berikut

“Negara miskin dan berkembang membutuhkan dukungan besar sains dan teknologi jika mereka ingin bersaing dengan negara kaya,”

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dalam Konverensi Pengambangan dan Perdagangan (UN Conference on Trade and Development.).

Indonesia tertinggal dalam hal sains dan teknologi. Apa benar? Padahal banyak orang Indonesia yang “langganan” menjadi juara di kancah internasional. Banyak temuan gemilang ilmuwan kita yang tertumpuk begitu saja di lemari. Apa pasal? Di sinilah terjadi kesenjangan antara mereka yang punya banyak ilmu dengan publik yang justru alergi ilmu.

Membuat sains dan teknologi menjadi menarik. Itulah yang coba kami lakukan di sini. Bukan hanya berita sains dan teknologi, melainkan juga artikel yang ditulis oleh member, itulah konten Netsains.

Siapa saja dapat bergabung menjadi Netsainers, mengirimkan tulisannya, biodata singkat dan foto diri. Tulisan dapat berupa artikel, esai, informasi even acara atau kegiatan, resensi buku, tentu saja ada kaitannya dengan sains dan teknologi. Bidang ini cukup luas cakupannya, bahkan ilmu non eksak seperti sosial pun masih masuk kategori sains. Jadi Netsains tidak tertutup bagi artikel kajian sosial, komunikasi, jurnalistik, dan sebagainya.

Netsains diharap mampu menjadi mediasi antara kalangan akademisi, publik, ilmuwan dan industri yang pada dasarnya sama-sama membutuhkan informasi sains dan teknologi. Dari sisi edukasi, Netsains ingin menjadi media sains dan teknologi bagi publik, sehingga mereka tidak lagi alergi terhadap bidang itu.

Media massa tak pernah lelah mengangkat isu-isu sains dan teknologi. Namun tetap dibutuhkan media khusus yang menjembatani antara publik, ilmuwan, pelajar, mahasiswa, pemerintah, juga industri. Ke arah itulah Netsains melangkah


[edit] Pranala Menarik

Personal tools