OLSR

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

olsr.org OLSR daemon adalah sebuah implementasi dari protokol Optimized Link State Routing. Sehingga memungkinkan sebuah device jaringan untuk melakukan mesh routing.

OLSR bisa dijalankan jika card WiFi mendukung mode ad-hoc dan juga pada device ethernet biasa. OLSR adalah salah satu dari dua standard Internet untuk Jaringan Mesh. OSLR banyak digunakan dan sudah teruji keandalannya.

Karena OLSR bekerja di lapisan / layer 3, dia sangat portable. Saat ini dapat dijalankan di

  • Windows (XP and Vista, Windows 7)
  • Linux (i386, arm, alpha, mips, xscale)
  • OS X (powerpc, intel, xscale, iPhone)
  • VxWorks
  • NetBSD
  • FreeBSD
  • OpenBSD
  • Nokia N900
  • Google phone (Android, G1)
  • linux wifi phones (WIP)
  • laptop
  • Intel Classmate

OLSR sangat cepat dan menggunakan sedikit CPU time sehingga dapat menghemat batere dari embedded dan portable device.

OLSR sangat scalable. OLSR di jalankan di jaringan komunitas wireless mesh dengan 2000 nodes (Athens wireless network), ~ 600 nodes (berlin FreiFunk.net), Leipzig Freifunk net, ~ 400 nodes (FunkFeuer.at). Sebagai protokol mesh routing yang di operasikan di lapangan, OLSR sering menerima stress test dan cukup solid sejak versi 0.5.6-r7 terlepas apa yang dikatakan oleh protokol lain. Tentunya masih banyak ruang untuk perbaikan.

OLSR di released menggunakan lisensi BSD. Oleh karenanya OLSR sangat mudah untuk dimasukan ke projek anda, terima kasih untuk lisensi yang sangat liberal.

OLSR adalah sebuah project open source, sangat di sarankan agar anda tergabung & ikut aktif mengembangkan.

OLSR adalah routing protocol untuk jaringan mobile ad-hoc. Protokol tersebut bersifat pro-active, table driven dan menggunakan teknik multipoint relaying untuk optimized message flooding. olsrd juga menjalankan link quality extension.

Olsrd dibuat dengan cara terstruktur dan terimplementasi dengan baik sehingga mudah di maintain. di expand dan di porting ke platform lain. Olsrd mempunyai arsitektur plugin yang sangat flexibel.

Mengimplementasikan RFC3626 baik untuk core maupun fungsi tambahannya.

Olsrd mendukung penggunaan plugin yang dapat di load. Hal ini dapat digunakan untuk menangani paket khusus yang dapat di bawa oleh skema OLSR MPR flooding atau fungsi lain yang di inginkan.


Contents

[edit] Lebih Jauh Dengan OLSR

Optimized Link State Routing Protocol (OLSR) adalah sebuah protocol routing untuk IP yang di optimisasi untuk jaringan mobile ad-hoc, yang juga dapat digunakan pada jaringan wireless ad-hoc. OLSR adalah sebuah protocol link-state routing yang proactif, yang menggunakan message hello dan topology control (TC) untuk mengetahui dan mendiseminasikan informasi link state di seluruh jaringan mobile ad-hoc. Masing-masing node menggunakan informasi topologi untuk menghitung next hop yang dituju untuk semua node di jaringan menggunakan shortest hop forwarding paths.


[edit] Fitur yang spesifik di OLSR

Protocol Link-state routing seperti Open Shortest Path First (OSPF) dan IS-IS akan memilih router tertentu di setiap sambungan untuk melakukan pemberitahuan akan informasi topologi. Dalam jaringan wireless ad-hoc, ada perbedaan pengertian tentang sebuah sambungan, paket dapat dan pergi keluar melalui interface yang sama, oleh karena itu kita perlu melakukan proses yang berbeda untuk mengoptimasi proses pemberitahuan.

Menggunakan message Hello di setiap node akan menemukan informasi tetangga 2-hop dan melakukan pemilihan secara terdistribusi kumpulan dari multipoint relay (MPR). Node akan memilih MPR supaya ada jalur antara tetangga 2-hop melalui sebuah node yang terpilih sebagai MPR. MPR Ini kemudian akan mengambil dan memforward message TC yang berisi MPR yang terpilih. Fungsi MPR membuat OLSR unik dari protokol link state routing dalam beberapa hal: infomasi path forwarding untuk message TC tidak di bagi ke semua node tapi bervariasi tergantung pada source, hanya sebuah subset dari informasi source link state node, tidak semua link dari node di beritahukan hanya node yang merepresentasikan MPR yang terpilih saja.

Karena link-state routing membutuhkan database topologi yang tersinkronisasi di seluruh jaringan, OSPF dan IS-IS melakukan penyebaran informasi topologi menggunakan algoritma yang reliabel. Algoritma demikian sangat sulit di implementasikan dalam jaringan wireless ad-hoc, oleh karena-nya OLSR tidak peduli masalah reliabilitas, cukup melakukan penyebaran informasi topologi sesering mungkin untuk memastikan bahwa database tidak sampai tidak terupdate dalam perioda yang lama.

[edit] Keuntungan

Karena menggunakan protocol yang proactive, route ke semua tujuan dalam jaringan akan di ketahui dan di pelihara sebelum digunakan. Karena route akan tersedia dalam tabel routing standar menjadikan sangat berguna bagi beberapa sistem / aplikasi jaringan karena tidak ada delay untuk mencari route.

Overhead / waktu yang dibutuhkan untuk membuat routing, walaupun biasanya agak lebih lama daripada reactive protocol, tidak bertambah dengan jumlah route yang dibuat.

Route default dan network dapat di masukan ke sistem menggunakan message HNA yang memungkinkan sambungan ke InterNet atau jaringan lain dalam OLSR MANET cloud. Route network adalah salah satu kelebihan proactive protocol yang saat ini tidak bisa di tangani oleh reactive protocol dengan baik.

Nilai timeout dan informasi validitas ada dalam message yang memungkinkan nilai timer yang berbeda digunakan untuk berbagai node.

[edit] Kritik Terhadap OLSR

Definisi awal dari OLSR tidak termasuk kemampuan untuk mengetahui kualitas sambungan; OLSR hanya mengasumsikan sambungan terjadi jika ada beberapa hello paket yang diterima. Hal ini mengasumsikan bahwa sebuah sambungan hanya ada dua kemungkinan (jalan atau mati), yang sebetulnya belum tentu untuk jaringan wireless, yang kadang-kadang menunjukan paket loss yang tinggi. Oleh karena itu, implementasi open source OLSRd (di Linux-based mesh router) mulai di kembangkan (mulai versi 0.4.8) untuk mendeteksi kualitas sambungan.

Karena proactive protocol, OLSR banyak menggunakan daya dan jaringan untuk menyebarkan data tentang route yang mungkin tidak digunakan. Hal ini mungkin bukan masalah bagi Access Point, atau laptop, akan tetapi ini menyebabkan OLSR tidak baik untuk jaringan sensor yang berusaha untuk tidur sepanjang waktu. Untuk Access Point kecil dengan CPU power yang rendah, proyek open source OLSRd menunjukan bahwa jaringan mesh skala besar dapat dijalankan dengan OLSRd di ribuan node dengan CPU power yang sangat kecil di embedded device 200MHz.

Karena protocol link-state, OLSR memerlukan bandwidth dan CPU power yang lumayan untuk menghitung jalur yang optimal di jaringan. Dalam jaringan yang mengandalkan OLSR, biasanya tidak lebih dari beberapa ratus node, tampaknya hal ini bukan masalah.

Dengan hanya menggunakan MPR untuk membanjiri informasi topologi, OLSR akan menghilangkan beberapa redudansi dalam proses penyebaran informasi, hal ini mungkin akan menjadi masalah jika di operasikan dalam jaringan yang mempunyai paket loss yang lumayan. Akan tetapi mekanisme MPR mempunyai kemampuan untuk memperbaiki diri sendiri, yang artinya jika ada paket loss, di mungkinkan ada beberapa node yang tidak ingin mengirim ulang paket-nya.


[edit] Message

OLSR menggunakan message "Hello" untuk mencari tetangga satu hop dan tetangga dua hop melalui responds mereka. Pengirim kemudian dapat memilih multipoint relay (MPR) berbasis pada node satu hop yang memberikan route terbaik ke node dua hop. Setiap node juga merupakan pemilih MPR, dan akan memberitahukan node yang dia pilih sebagai node MPR. OLSR menggunakan message topologi control (TC) bersama MPR forwarding untuk memberitahukan informasi tetangga ke seluruh jaringan. Message Host and Network Association (HNA) digunakan oleh OLSR untuk menyebarkan pemberitahuan network route sama seperti message TC memberitahukan route host.

Hello Paket
Hello Paket
Topology Control (TC) Paket
Topology Control (TC) Paket

[edit] Pendekatan Lain

Masalah routing di jaringan wireless ad-hoc saat ini sedang aktif di teliti, dan OLSR adalah salah satu dari solusi yang di usulkan. Bagi banyak orang, masih tidak jelas apakah kita perlu mengembangkan sebuah protokol yang baru, atau OSPF dapat di kembangkan untuk interface wireless.

Dalam lingkungan rakus-bandwidth dan rakus-daya, kita biasanya tidak menginginkan jaringan yang ribut juga tidak ada traffic yang harus di lalukan. Protocol routing reactive biasanya tidak menyimpan tabel route, tapi menyimpannya sesuai dengan kebutuhan. Protocol link-state biasanya membutuhkan sinkronisasi database, protokol ini biasanya menggunakan pendekatan distance vector, seperti AODV dan DSDV, atau pendekatan yang lebih ad-hoc yang belum tentu dapat membangun jalur yang optimal, seperti Dynamic Source Routing.


[edit] OLSR versi 2

OLSRv2 saat ini mulai di kembangkan di IETF. OLSRv2 tetap menjagi banyak fitur kunci dari OLSRv1 termasuk pemilihan MPR dan diseminasi. Kunci perbedaan ada pada flexibilitas dan modular disain menggunakan komponen yang digunakan bersama: packet format packetbb, dan protocol untuk mencaritahu tetangga NHDP. Komponen ini dirancang agar sama dengan protocol yang digunakan di IETF MANET. Perbedaan dalam menangani banyak address dan node dengan banyak interface juga tampak antara OLSR dan OLSRv2.


[edit] Implementasi

  • OLSR.ORG – tersedia source code OLSR di GNU/Linux, Windows, Mac OS X, FreeBSD dan NetBSD. Fitur dokumentasi yang lumayan lengkap, termasuk informasi survey pekerjaan yang terkait.
  • NRL-OLSR – tersedia source code dari NRL-OLSR. Dapat di jalankan di Windows, MacOS, Linux, dan berbagai embedded PDA sistem seperti Arm/Zaurus dan PocketPC termasuk simulator ns2 dan OPNET., http://cs.itd.nrl.navy.mil/focus/
  • SOURCEFORGE.NET-OLSR – Dibuat oleh MOVIQUITY berbasis pada studi yang dilakukan oleh Project Workpad, menyediakan source code dalam C# untuk menjalankan MANET (Ad-Hoc, Meshnet) menggunakan protocol OLSR. Dikembangkan menggunakan WM 6, Win XP dapat di adaptasi ke platform lain menggunakan NET Framework dan Compact http://sourceforge.net/projects/wmolsr/

[edit] Referensi

[edit] Pranala Menarik

Personal tools