Off-the-Record (OTR) plugin untuk pidgin

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Sumber: http://xtremenitro.org/2009/10/10/off-the-record-otr-plugin-untuk-pidgin.html


Off-the-Record (OTR) plugin untuk pidgin

OTR plugin untuk pidgin adalah plugin yang memungkinkan seseorang untuk melakukan komunikasi secara private. Ini dapat dilakukan karena plugin OTR memiliki fitur enkripsi, authentikasi, deniability, kerahasiaan. Ok, langsung saja, untuk instalasi plugin ini pada pidgin bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

$ tar xzvf libotr-3.2.0.tar.gz
$ cd libotr-3.2.0
$ ./configure && make -j3 && make install-strip
  • Setelah library OTR terinstall, selanjutnya adalah melakukan build terhadap plugin untuk pidgin (hampir sama dengan langkah sebelumnya):
$ tar xzvf pidgin-otr-3.2.0.tar.gz
$ cd pidgin-otr-3.2.0
$ ./configure && make -j3 && make install-strip
  • Jalankan pidgin, lalu tekan Ctrl + U atau pilih Tools -> Plugins. Pada kotak dialog plugins, aktifkan plugin OTR seperti pada gambar berikut ini:
  • Selanjutnya pilih Configure Plugin pada kotak dialog plugins dan pada dialog konfigurasi, tekan tombol Generate untuk membuat fingerprint.
  • Setelah, selesai, selanjutnya bisa memulai pembicaraan secara private dengan user lain yang juga menggunakan plugin OTR. Untuk pembicaraan yang private akan ditunjukkan oleh ikon berwarna dan tulisan Private pada toolbar.
  • Jika pembicaraan tidak bersifat private, dimana lawan bicara tidak menggunakan OTR atau tidak mengaktifkan OTR, maka tulisan pada toolbar akan berubah menjadi Not Private.
  • Untuk mengaktifkan pembicaraan secara private, bisa memilih menunya dari toolbar atau menubar.

Penutup

Sekian dulu tutorial kali ini, semoga bisa bermanfaat. Terima kasih kepada: Tuhan Yang Maha Esa, TKP Crew, Antihackerlink, my gf, and you ;)


[edit] Referensi

[edit] Pranala Menarik

Personal tools