OpenBTS: 2013/02/19 - OpenBTS TelkomSel Mengudara di Muscat Oman

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Oman tampaknya sedang melakukan awal gerakan untuk menuju open source dengan dibukanya Free & Open Source Software Conference oleh Menteri H.E. Dr. Ahmed bin Mohammed Al Futaisi, MENKOMINFO Oman dan H.E. Dr. Ali bin Saud Al Bimani, Wakil Rektor Sultan Qaboos University (SQU), dan Dr. Salim Sultan Al Ruzaiqi, CEO Information Technology Authority pada tanggal 18 February 2013 di Conference Hall Sultan Qaboos University (SQU) Oman.


Contents

[edit] 18-19 Feb 2013 Conference Free & Open Source pertama di Oman

Pada Conference Open Source pertama kali di Oman ini, Indonesia di wakili oleh Onno W. Purbo yang mengoperasikan secara live OpenBTS pada tanggal 19 February 2013 dengan gaya yang berbeda dengan presentasi lainnya yang umumnya hanya berbicara dan bermodalkan slide saja.

Pada kesempatan tersebut secara iseng, OpenBTS Indonesia di set menggunakan Mobile Country Code (MCC) 510 dan Mobile Network Code (MNC) 10 dengan Operator Name "TelkomSelIndonesia" dan dapat secara gratis menerima panggilan telepon para peserta conference yang hadir di ruangan. Ini sengaja dilakukan karena kita tahu ada teman-teman dari Malaysia di ruangan conference, jadi sekalian unjuk gigi :)


[edit] Workshop OpenBTS di ECE Department Sultan Qaboos University

Pada siang harinya, Indonesia memberikan workshop bagi mahasiswa jurusan teknik elektro & komputer Sultan Qaboos University tentang cara kerja secara detail maupun cara instalasi OpenBTS. Disini di jelaskan bahwa OpenBTS dapat digunakan untuk Oman Mobile (MCC 422 MNC 02) dan Oman Nawras (MCC 422 MNC 03).

Presentasi di konferensi maupun workshop di jurusan teknik komputer SQU mendapat applaus dan banyak sekali pertanyaan dari peserta yang hadir. Mereka sangat terkagum dengan kemampuan OpenBTS. Termasuk pembicara dari MAMPU Malaysia yang kebetulan hadir.

OpenBTS menjadi menarik bagi Oman karena banyak daerah rural yang tidak terjangkau oleh sinyal selular. OpenBTS yang harganya hanya 1/10 BTS komersial menjadi menarik.


[edit] Komentar Pak Haposan Situmorang dari Ikatan Ahli Teknik Minyak Indonesia

Dengan hadirnya Onno W. Purbo membuka mata Oman melihat professional2 IT Indonesia khususnya, tidak hanya itu juga membuka kesempatan kerjasama antar perguruan tinggi di Indonesia dan SQU lainnya. Ini bisa dikembangkan ke negara Timur Tengah lainnya dengan melibatkan professional IATMI-ME dan KBRI masing2 dll.

Kesultanan Oman sangat gencar sekali untuk meningkatkan lapangan kerja bagi generasi muda Oman (tambahan ~ 50.000 per tahun) dengan program2:

  • Omanisasi (setiap perusahaan dan kontraktor2nya diberikan target 80% Omani)
  • SME: support dan dana USD 180 juta utk SME pengusaha muda
  • ICV (In-Country Value) mirip dengan Local Content di Indonesia. Petroleum Development Oman, LLC sudah berjanji untuk memberikan kontrak ke perusahaan lokal Oman sebesar USD 8 milyar.
  • Pembangunan Infrastruktur yang spektakular seperti:
    • pengembangan Muscat International Airport (USD 7 milar) yang akan selesai awal 2013
    • pembangunan National Railway USD 16 milyar
    • pembangunan pelabuhan Sohar, Duqum masing2 di atas USD 10 milyar
    • infrastruktur Tourisme yang disiapkan sebagai pengganti Oil & Gas
    • masih banyak lagi daftar proyek bonanza/spektakular lainnya yang selama ini umumnya diisi oleh professional maupun pekerja kasar dari India, Bangladesh dan Pakistan.

Saya melihat program di atas sukses dengan meningkatkan kualitas SDM. Nah disinilah kita profesional Indonesia bisa berpartisipasi. Sudah terbukti professional Indonesia (Expatriate Indonesia Oil & Gas dan IT) di Oman sangat disenangi oleh Oman begitu juga profesional Indonesia di negara Timur Tengah lainnya. Expert HR kita juga dapat memberikan Learning pada saat kita menerapkan Indonesianisasi (sukses dan gagal)  

[edit] Kerjasama Lebih Lanjut dengan Oman

Diskusi tentang kemungkinan kerjasama lebih lanjut antara Indonesia dengan Oman melalui Sultan Qaboss University (SQU) yang diwaliki oleh Prof. Hadj Bourdoucen mulai dibahas dengan KBRI Oman dan komunitas profesional Indonesia. Semoga gebrakan ini dapat mempererat hubungan Indonesia dan Oman.





[edit] Pranala Menarik

[edit] Persiapan

[edit] Script

[edit] OpenBTS 2.6

[edit] OpenBTS 2.8

[edit] Multi OpenBTS 2.8

[edit] OpenBTS 3.1.x

[edit] Ettus E110

[edit] Ettus N210

[edit] RangeNetworks


[edit] GPRS

[edit] Briker OpenBTS

[edit] FreeSWITCH OpenBTS

[edit] Power Amplifier

[edit] Lain Lain

[edit] Catatan Legal dan Pendukung

[edit] Catatan Sejarah

[edit] Dokumentasi Video

[edit] Perjuangan OpenBTS

Personal tools