Pointer

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Pointer tampaknya merupakan nama yang menarik dipakai di WARNET. Ada beberapa WARNET POINTER yang di ketahui.

  • Salah satu Pionir dalam perkembangan internet selanjutnya sejak berdirinya warnet pertama di Bogor, BoNet Pojok Internet atau yang banyak dikenal dengan Pointer di kalangan user warnet pada era booming warnet tahun 1997-an. Jadi, kata Pointer di ambil sebagai kependekan dari Pojok Internet.
  • WARNET Pointer di Bandung merupakan spin-off Computer Network Research Group (CNRG) ITB yang di motori oleh Onno W. Purbo, Basuki Suhardiman & rekan-rekannya, sebagai salah satu bentuk realisasi dari 'ambisi' mereka untuk menyebarluaskan teknologi internet di semua kalangan masyarakat; jadi mereka yang tidak mampu memiki computer sendiri ataupun modem, namun ingin menggunakan internet. POINTER bahkan sempat berexperimen dengan VW Combi untuk WARNET keliling.
  • WARNET Pointer di Semarang tampaknya tidak ada hubungan dengan dua POINTER di atas.


Kelompok POINTER Multimedia di Bandung yang tampaknya kemudian hari mengembangkan sistem operasi open source PINUX (Pointer Linux). Apakah kelompok Pointer Multimedia ini turunan dari WARNET Pointer di Bandung yang merupakan spin-off CNRG, entahlah, tampaknya demikian. PINUX kemudian hari menjadi populer sebagai sistem operasi WARNET karena tampilan yang mirip dengan Windows. Situs resmi PINUX adalah http://www.pinux.org.

Personal tools