Proxy

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Dalam jaringan komputer, server proxy adalah server (sistem komputer atau program aplikasi) yang bertindak sebagai perantara permintaan dari klien untuk mencari sumber daya dari server lain. Klien terhubung ke server proxy, meminta beberapa layanan, seperti file, koneksi, halaman web, atau sumber lainnya, tersedia dari server yang berbeda. Server proxy mengevaluasi permintaan sesuai dengan aturan penyaringan. Misalnya, mungkin filter lalu lintas menurut alamat IP atau protokol. Jika permintaan itu divalidasi oleh filter, proxy menyediakan sumber daya oleh relevan menghubungkan ke server dan meminta operator atas nama klien. A proxy server mungkin opsional mengubah klien atau permintaan dari respon server, dan kadang-kadang dapat melayani permintaan tanpa menghubungi server yang telah ditentukan. Dalam hal ini, proxy server akan meng-"cache" tanggapan dari server jauh, dan kembali setelah permintaan untuk konten yang sama secara langsung.

Sebuah proxy server memiliki dua tujuan:

Sebuah proxy server yang lolos dan meminta balasan tanpa di modifikasi biasanya disebut gateway atau terkadang tunneling proxy.

Sebuah proxy server dapat ditempatkan pada komputer pengguna lokal atau di berbagai titik antara pengguna dan tujuan atau server Internet. Sebuah reverse proxy adalah proxy yang digunakan sebagai front-end untuk mempercepat di-cache dan permintaan sumber daya (seperti halaman web).

[edit] Pranala Menarik

Personal tools