Quality of Service

From SpeedyWiki

(Redirected from QoS)
Jump to: navigation, search

Di bidang jaringan komputer dan jaringan telekomunikasi paket-switch, istilah yang digunakan dalam engineering trafik untuk Quality of Service (QoS) merujuk kepada mekanisme reservasi kontrol sumber daya daripada pencapaian kualitas layanan. Quality of Service adalah kemampuan untuk memberikan prioritas yang berbeda untuk berbagai aplikasi, pengguna, atau aliran data, atau untuk menjamin tingkat tertentu kinerja ke aliran data. Misalnya, diperlukan sedikit menilai, keterlambatan, naik opelet, probabilitas dropping paket dan / atau sedikit kesalahan menilai mungkin dilakukan. Menjamin kualitas layanan merupakan hal penting jika kapasitas jaringan yang memadai, terutama untuk aplikasi real-time streaming multimedia seperti VoIP, game online dan IP-TV, karena ini sering memerlukan kecepatan tetap dan peka terhadap penundaan (delay), dan dalam jaringan di mana kapasitas adalah sumber daya terbatas, misalnya dalam komunikasi data selular. Pada jaringan yang tidak terdapat kongesti / tabrakan, mekanisme QoS yang tidak diperlukan.

Sebuah jaringan atau protokol yang mendukung QoS dapat menyetujui kontrak trafik dengan perangkat lunak aplikasi dan kapasitas cadangan di node jaringan, misalnya saat sesi tahap pembentukan. Selama sesi mungkin dicapai memantau tingkat kinerja, misalnya data rate dan keterlambatan, dan secara dinamis mengontrol penjadwalan prioritas dalam jaringan node. Hal itu dapat melepaskan kapisitas yang di reserved dalam fasa tidak dibutuhkan.

Pada jaringan Best Effort atau layanan yang tidak mendukung kualitas layanan. Alternatif mekanisme kontrol QoS yang kompleks adalah untuk menyediakan kualitas komunikasi yang tinggi yang terbaik melalui jaringan Best Effort dengan cara mensupervisi kapasitas jaringan agar cukup untuk beban puncak lalu lintas.


Di bidang telepon, kualitas layanan yang ditetapkan dalam standar ITU X.902 sebagai "Sekumpulan persyaratan mutu pada perilaku kolektif dari satu atau lebih objek."; Kualitas layanan terdiri dari persyaratan pada semua aspek sambungan, seperti layanan Tanggapan waktu, kehilangan, rasio sinyal-ke-kebisingan, cross talk, echo, interrupts, respon frekuensi, tingkat kenyaringan, dan seterusnya. Subset QoS telepon adalah persyaratanGrade of Service (gos), yang terdiri dari aspek yang berkaitan dengan koneksi kapasitas dan jangkauan jaringan, misalnya dijamin maksimum probabilitas blocking dan probabilitas dlm pekerjaan.

QoS kadang-kadang digunakan sebagai ukuran kualitas, dengan banyak alternatif definisi, daripada merujuk kepada kemampuan sumber daya cadangan. Kualitas layanan kadang-kadang merujuk kepada tingkat kualitas pelayanan, yaitu jaminan kualitas layanan. QoS tinggi seringkali tertukar dengan tingkat kinerja tinggi atau pencapaian kualitas layanan, misalnya tinggi bit rate, latency rendah dan kemungkinan kesalahan bit rendah.

Personal tools