RAM: Lebih Detail

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

RAM kadang disebut Memory, merupakan perangkat yang menyimpan data secara sementara sebelum ditransfer ke processor ataupun sebaliknya. Seperti kita ketahui bahwa semua data didalam sistem komputer diolah oleh processor, dan disimpan didalam HDD. RAM menjembatani antara Processor dan HDD, karena apabila Processor mengambil data dari HDD secara langsung akan terjadi proser yang terlalu lama (baca mengenai cara kerja sistem komputer). Processor Xeon saat ini memiliki performa pengolahan dalah satuan Giga-Hertz (GHz), artinya miliar per-detik, sedangkan HDD SCSI paling tinggi hanya memiliki transfer rate 320 Megabyte/detik. Jadi bisa dibayangkan perbedaan diantara keduanya.

Umumnya server menggunakan RAM tipe DDR atau DDR2. DDR merupakan singkatan dari “Double Data Rate”, sebuah teknologi memory yang dikembangkan dari generasi sebelumnya, yaitu SDRAM (Single Data RAM). Secara teoritis, DDR memiliki performa dua kali lipat dari SDRAM, dengan membawa dua bit data per-clock cycle, sedangkan SDRAM hanya satu bit. DDR2 sendiri merupakan DDR generasi kedua yang mengalami perbaikan dan penyempurnaan dari sisi performa dan reduksi panas.

RAM DDR/DDR2 memiliki beberapa varian teknologi berdasarkan kegunaannya, yaitu Unbuffered, ECC, ECC Registered dan FBDIMM. Unbuffered umumnya digunakan pada PC Desktop biasa, ECC digunakan pada Server kelas Value atau Workstation, sedangkan ECC Registered / FBDIMM digunakan pada server mid-to-high end.

RAM DDR2 ECC Registered
RAM DDR2 ECC Registered


Spesifikasi RAM :

Contents

[edit] Kapasitas

Kapasitas merupakan satuan penyimpanan sebuah modul RAM. Kapasitas merupakan faktor terpenting dari sebuah RAM. Satuan kapasitas adalah Megabyte (MB) dan Gigabyte (GB). Pada server kapasitas modul RAM berkisar dari 256MB, 512MB, 1 GB dan 2 GB per-keping modul.

[edit] Front Side Bus (FSB)

Front Side Bus (FSB) merupakan satuan frekuensi yang menyatakan hubungan antara Processor dan RAM (lihat bahasan Processor). Pada sebuah server, FSB RAM berkisar antara 400 MHz, 533 MHz, 667 MHz dan 800 MHz. FSB RAM bergantung pada spesifikasi Processor dan Motherboard yang digunakan, dimana FSB diantara ketiganya harus sinkron dan memiliki angka yang sama.

[edit] Jumlah IC

Jumlah IC merupakan jumlah IC pada satu keping modul RAM. Jumlah IC kadang menjadi faktor penting pada beberapa motherbard tertentu. Pada server, umumnya RAM menggunakan IC tipe ECC Registered & FBDIMM dengan jumlah IC sebanyak 9 dan 18 buah. Lihat mengenai ECC Registered dan FBDIMM.

Varian RAM berdasarkan fungsi teknisnya :

[edit] Unbuffered

Unbuffered merupakan RAM tipe “biasa” yang umum digunakan pada PC Desktop dan Notebook. RAM tipe ini paling banyak tersedia dipasaran. Tapi pengguna jarang menyebut kata “unbuffered” pada RAM yang mereka gunakan, hingga istilah itu sudah dilupakan.

[edit] ECC

ECC singkatan dari Error Correction Code. ECC merupakan fitur yang berfungsi untuk memeriksa dan mengkoreksi bit-bit data yang masuk ke RAM sehingga pengolahan data akan lebih presisi. Secara fisik sebuah RAM ECC memiliki perbedaan dengan RAM biasa. RAM ECC memiliki jumlah IC (integrated circuit) 9 dan 18 buah, sedangkan RAM biasa umumnya menggunakan 4, 8 dan 16 IC. RAM ECC umumnya digunakan pada server kelas value atau PC Workstation.

[edit] ECC Registered

ECC Registered merupakan RAM ECC yang juga memiliki sebuah register. Register berfungsi untuk meningkatkan performa RAM dalam menangani transfer data skala besar yang umum digunakan pada server. Modul ECC Register biasanya memiliki sebuah IC tambahan dengan posisi horizontal (melintang) pada PCB (Printed Circuit Board)-nya. IC ini berfungsi sebagai register, yaitu menahan satu clock-cycle data sebelum dikirimkan ke Motherboard.

[edit] Fully Buffered DIMM (FBDIMM)

Fully Buffered DIMM (FBDIMM) merupakan RAM DDR/DDR2 tipe terbaru yang saat ini digunakan pada sebagian besar platform server. FBDIMM memiliki kelebihan dibanding tipe RAM lainnya, seperti :

  • Bandwidth memori 3x lipat (mencapai 21 GB/s) dibanding teknologi sebelumnya. Umumnya dengan DDR2 biasa, hanya mampu menangani bandwidth maksimal sebesar 8 GB/s.
  • Sistemnya mengakomodasi kapasitas yang lebih besar (mencapai 192GB dengan 48-slot DIMM).

Lebih tahan panas, karena dilengkapi dengan heatsink (logam pelapis penahan panas).

Kapasitas RAM untuk server haruslah cukup besar untuk mengakomodasi pengolahan data yang lebih berat dibanding PC. Saat ini kebutuhan kapasitas RAM server minimal 1 Gigabytes.

[edit] Sekilas mengenai Dual Channel & Quad Channel pada RAM

Saat ini hampir semua platform Motherboard mengharuskan konfigurasi pemasangan RAM Dual Channel. Dua Channel maksudnya bahwa minimal terdapat dua keping RAM identik pada satu Motherboard. Misalnya kita ingin menggunakan RAM 1 GB, maka sebaiknya kita menggunakan dua keping RAM 512 MB. Dual Channel digunakan pada tipe RAM DDR dan DDR2.

Quad Channel adalah instalasi 4 keping modul RAM sekaligus pada Motherboard. Teknik Quad Channel umum dipakai Motherboard Server, dan di-impelementasikan pada tipe RAM FBDIMM.

Dual Channel dapat mengoptimalisasi transfer rate antara RAM dan Processor. Jika kita hanya menggunakan RAM tunggal (Single Channel), maka transfer rate yang terjadi hanya separuhnya.

[edit] Cara Menghitung Transfer Rate (Bandwidth) RAM dan konfigurasi Dual Channel

Kita dapat menghitung transfer rate (bandwidth) riil dari sebuah RAM. Transfer rate merupakan kapasitas data yang dapat dikirimkan sebuah RAM ke processor dalam satuan Megabytes/detik (MB/s).

Rumus yang digunakan adalah :

  • Contoh sebuah DDR2 PC533, berarti memiliki bus sebesar 533 MHz.
  • Lebar data (width) sebuah RAM adalah 64-bit, atau dikonversikan kedalam satuan byte sama dengan 8 byte. [* 1 byte = 8 bit]
  • Transfer Rate = Bus (MHz) x Lebar Data (Byte)
  • Transfer Rate = 533 MHz x 8 Byte = 4.264 MB/s. Itu artinya transfer rate RAM DDR2 PC533 adalah sebesar 4.264 MB/s.
  • Itulah alasannya kenapa RAM DDR2 PC533 kadang ditulis sebagai DDR2 PC4200 (kebulatan dari transfer rate 4.264 MB/s).
  • Pada sistem komputer sekarang, sebuah RAM harus di-intalasi dalam konfigurasi Dual Channel, artinya dipasang langsung dua keping (sepasang) dengan tujuan transfer rate dapat digandakan dan memenuhi kebutuhan bandwidth processor.
  • Dengan konfigurasi Dual Channel maka transfer rate 4.264 MB/s dikalikan dua, dan menghasilkan 8.528 MB/s. Transfer rate sebesar ini dapat memenuhi kebutuhan Processor Intel Core 2 Duo, Core 2 Quad dan Core 2 Extreme yang memiliki FSB 1.066.
  • Perhitungan Bandwidth processor sama dengan rumus diatas, yaitu = FSB (MHz) x Lebar Data (8 byte). Itu artinya, Core 2 Duo FSB 1.066MHz x 8 Byte = 8.258 MB/s. Dan RAM yang dapat memenuhi kebutuhan data ini adalah DDR2 PC533 dalam konfigurasi Dual Channel.


Tabel Perbandingan antara Bus (MHz) dan Transfer Rate (MB/s)

Tipe RAM Bus (MHz) Transfer Rate (Bandwidth) Penamaan RAM Dual Channel
SDRAM PC133 133 MHz 1.064 MB SDRAM PC133 N/A
DDR PC266 266 MHz 2.128 MB DDR PC2100* 4.256 MB
DDR PC333 333 MHz 2.664 MB DDR PC2700* 5.328 MB
DDR PC400 400 MHz 3.200 MB DDR/DDR2 PC3200 6.400 MB
DDR2 PC533 533 MHz 4.264 MB DDR2 PC4200* 8.528 MB
DDR2 PC667 667 MHz 5.336 MB DDR2 PC5300* 10.672 MB
DDR2 PC800 800 MHz 6.400 MB DDR2 PC6400 12.800 MB


[edit] Pranala Menarik

Personal tools