Router

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Sebuah router adalah perangkat jaringan dimana perangkat lunak dan perangkat keras-nya disesuaikan dengan tugas-tugas routing dan forwarding. Router menghubungkan dua atau lebih subnet, yang tidak perlu pemetaan satu-ke-satu antara antarmuka fisik dari sebuah router. Istilah "switching lapisan ke 3 " ("layer 3 switching") sering digunakan bergantian dengan routing, tetapi switch adalah istilah umum tanpa definisi teknis yang ketat. Dalam penggunaan pemasaran, sebuah switch umumnya dioptimalkan untuk Ethernet LAN interface dan mungkin tidak memiliki jenis fisik antarmuka lainnya. Sebagai perbandingan, sebuah hub (pendahulu dari "switch" atau "switching hub") tidak melakukan routing, dimana setiap paket yang diterima di salah satu saluran / port jaringan akan diteruskan ke semua saluran jaringan lainnya.

Router beroperasi di dua bidang yang berbeda:

  • Panel Kontrol, di mana router belajar antarmuka yang paling tepat untuk meneruskan paket-paket khusus untuk tujuan tertentu,
  • Panel Forwarding, yang bertanggung jawab untuk proses sebenarnya mengirimkan paket yang diterima pada antarmuka logik untuk diteruskan ke sebuah antarmuka logik outbound.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools