STKIP Surya

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

STKIP Surya adalah agen perubahan dalam pendidikan MIPA dan Teknologi di Indonesia. Kami berharap bahwa kami dapat berkontribusi dalam mentransformasi Indonesia menjadi negara maju dan mendukung visi utama Yayasan Surya Institute yang menaungi kami yaitu menciptakan 30.000 PhD bidang MIPA dan Teknologi di tahun 2030 melalui menciptakan 30.000 GREAT TEACHERS di seluruh pelosok Indonesia pada tahun yang sama.

Kualifikasi GREAT TEACHERS adalah sebagai berikut:

  • Mampu menjadi inspirasi bagi murid dan lingkungannya
  • Mampu mengajar kurikulum olimpiade mapel
  • Mampu mengajar di sekolah internasional

"a GREAT teacher begins with a GOOD teacher"

Indonesia butuh guru yang berkualitas! Ya benar, pendidikan Indonesia terpuruk karena kurangnya guru yang berkualitas. Kebutuhan akan guru berkualitas ini tidak hanya dirasakan oleh Indonesia, tetapi juga oleh seluruh dunia. Badan dunia UNESCO telah mendesak pemerintahan di seluruh dunia agar mencetak guru-guru yang berkualitas. Adanya desakan yang demikian besar ini, Prof. Yohanes Surya Ph.D tergerak untuk mendirikan suatu Institute setingkat dengan universitas yang dinamakan Surya Institute for Science, Computer and Math Education atau STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Surya.

Contents

[edit] Kontak

Kampus STKIP
Plaza Summarecon Serpong,
Jl. Boulevard Gading Serpong Blok M5/3, Lt. 3
Serpong, Tangerang 15180
Banten, Indonesia
Sekretariat & Informasi :
STKIP SURYA
Golden Boulevard Blok U no. 3-6
Jl. Pahlawan Seribu
BSD City, Tangerang 15322
T: (021)3201 9296, (021)5316 3394-98
F: (021)5316 2197 

[edit] Kredo

"Kami civitas akademika STKIP SURYA siap berperan aktif dalam mendidik generasi muda menuju Indonesia Jaya. Dalam kehidupan kampus kami akan menjunjung tinggi pluralisme, mengutamakan kasih, persaudaraan, toleransi dan persatuan yang senafas dengan Sumpah Pemuda, Pancasila dan UUD 45. Kami tidak akan membeda-bedakan suku, agama, ras ataupun golongan dalam pemikiran, perkataan dan perbuatan kami"

[edit] Latar Belakang

Adanya desakan yang demikian besar ini, Prof. Yohanes Surya Ph.D tergerak untuk mendirikan suatu Institute setingkat dengan universitas yang dinamakan Surya Institute for Science, Computer and Math Education atau STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) SURYA.

STKIP SURYA akan mendidik ribuan guru dan akan mengubah pembelajaran sains, komputer (teknologi informasi) dan matematika yang semula sulit dan menakutkan menjadi GASING (GAmpang, aSyIk menyenaNGkan) dengan memanfaatan teknologi informasi terkini. Diharapkan dengan menyukai sains dan matematika ke depannya siswa-siswa Indonesia tidak takut-takut lagi untuk menjadi ilmuwan-ilmuwan handal. Dengan banyaknya ilmuwan-ilmuwan handal di Indonesia maka Indonesia akan tumbuh menjadi negara yang maju, sejahtera, dihormati dan dikagumi oleh bangsa manapun.

STKIP Surya juga dibangun untuk memenuhi kebutuhan guru-guru sains, komputer (teknologi informasi) dan matematika yang mampu mengajar dalam dua bahasa (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) untuk keperluan sekolah bertaraf internasional yang ada diseluruh kabupaten/kotamadya di Indonesia.

Lewat STKIP Surya, Indonesia akan menjadi pusat pengembangan metode pembelajaran GASING (GAmpang, AsyIk dan menyenaNGkan) yang telah dimulai oleh Prof. Yohanes Surya Ph.D. Dengan metode ini Prof. Yohanes Surya, Ph.D telah melatih anak-anak dari pedalaman Papua belajar matematika dengan mudah. Metode GASING yang lebih menekankan pada penggunaan logika ini telah mampu menelurkan banyak pelajar-pelajar Indonesia menjadi juara dunia dalam bidang Fisika/Sains baik untuk tingkat SMP maupun tingkat SMA. Saat ini lebih dari 5000 guru di seluruh Indonesia telah merasakan manfaat metode GASING yang diharapkan akan berkembang ke seluruh dunia.

Berkaitan dengan olimpiade (khususnya olimpiade Fisika, Matematika, Kimia dan Komputer/Informasi) STKIP Surya akan menjadi pusat pelatihan awal bagi mereka untuk meraih prestasi setinggi-tingginya dalam mengharumkan nama bangsa dan negara di dunia internasional.

Beberapa pengajar full-time STKIP Surya antara lain Prof. Yohanes Surya Ph.D, Dr. Joko W Saputro (pelatih olimpiade komputer), Dr. Hendra Kwee (pelatih olimpiade fisika), Dr. Jong Anly, Dr. Eddy Yusuf, Dr. Puji Untoro, Anton Wardaya M.Sc (pelatih olimpiade math), Surya Wijaya M.Sc (pelatih olimpiade math), Mariana Rajawane M.Sc (pelatih Fisika Gasing), Mariana Li (pelatih kimia), Onno W. Purbo PhD. Saat ini sudah sekitar 75 Ph.D (doktor) berkebangsaan Indonesia dari Amerika, Jepang, Australia, Perancis, German, Kanada dan Rusia telah bergabung. Beberapa lagi telah menyatakan kesediaannya untuk bergabung di STKIP Surya tahun 2012.

[edit] Susunan Pimpinan

Presiden STKIP Surya : Prof. Yohanes Surya, PhD Ketua STKIP Surya : Dr. Hendra Kwee

Pembantu Ketua I (Akademik): Periode Awal: Dr. Eddy Yusuf Periode Kini: Dr. Mauritsius Tuga

Pembantu Ketua II (Keuangan dan Umum): Ir. Sri Irianti

Pembantu Ketua III (Kemahasiswaan): Dr. Isak Suria

Pembantu Ketua IV (Kerja Sama dan Fund Raising): Dr. Joko W. Saputro

Pembantu Ketua V (HRD): Periode Awal: Jaha Nababan, S.Sos., Ed.M Periode Kini: kosong

Pembantu Ketua VI (LPPM): Dr. Agus Purwanto

[edit] Program

  • PRODI: Pendidikan Matematika
  • PRODI: Pendidikan Fisika
  • PRODI: Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

[edit] Pranala Luar

Personal tools