Sejarah Internet Indonesia:Java User Group Indonesia

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Contents

[edit] Java User Group Indonesia

[edit] Mailing List Java User Group terbesar di Indonesia

jug-indonesia@yahoogroups.com mulai beroperasi 12 April 2003 merupakan mailing list pengguna Java terbesar di Indoneisa yang pada pertengahan 2006 mempunyai anggota 1984 orang. Di mailing list JUGIndonesia komunitas banyak mendiskusikan Java dan mempopulerkan Java, baik itu yang commercial seperti Websphere, Weblogic maupun yang Open Source, seperti JBoss, Tomcat, Struts, Hibernate.

Mailing list JUGIndonesia ini didirikan oleh seorang Java Evangelist dan tokoh yang kontroversial bernama Frans Thamura.

Kenapa Frans kontroversial? Karena beliau sering melontarkan isu-isu panas di berbagai milis. Sebagai akibatnya Frans sering dikeluarkan dari berbagai milis. Namun dibalik sifatnya yang dianggap beberapa orang kontroversial, tokoh yang satu ini memiliki kerinduan untuk memajukan IT di Indonesia lewat kegiatan-kegiatan yang sering dia adakan.

Kegiatan yang rutin diadakan oleh JUG adalah Java Meet Up (JaMU), yang diadakan di berbagai kota di Indonesia setiap satu bulan sekali (bila tidak ada halangan). Beberapa kota yang mengadakan JaMU diantaranya adalah Jogja, Bandung dan Jakarta.

[edit] JUG.or.id

Web JUGIndonesia di www.jug.or.id cukup informatif memberikan informasi aktifitas dan JUGIndonesia termasuk Wiki yang dibangun dari ProjectBACOT.

JUGIndonesia banyak berpartisipasi dalam gerakan IT Indonesia, diantaranya pada pemerintah, seperti Internet Go Open Source (IGOS), [PASIR], ataupun pengusulan standard pengembangan e-goverment di pemerintahan.

[edit] Pranala Menarik

Personal tools