Sejarah internet di UMM

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Contents

[edit] Awal Internet dan Packet Radio Network di UMM

Tahun 1996, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)pertama kali tersambung ke internet secara dedicated. Sambungan dilakukan via VSAT TDMA Elektrindo Nusantara ke gateway AI3-ITB pada kecepatan 64 kbps. Kegiatan instalasi jaringan internet pertama kali ini mempunya momen penting bagi cikal bakal perkembangan TI di UMM khususnya. Instalasi yang melibatkan langsung mahasiswa dengan dibekali pelatihan pengetahuan dasar teknologi internet, tidak pernah kami bayangkan sebelumnya. Dari sinilah perkembangan TI UMM dimulai.

[edit] Training UMM oleh CNRG ITB

Di tahun 1997-1998, kurang lebih seminggu tim CNRG ITB mendampingi secara tatap muka, yang saat itu adalah Yadi Heryadi, Luthfi Kisbiono Arif, dan Ismail Fahmi (selanjutnya diskusi secara online via mailing list). Sementara UMMNet yang saat itu dibina Bapak Drs Muizzudin, Bapak Eko Budi Cahyono, S.Kom, dan Bapak Rahmat Wijaya, SE dengan dibantu beberapa mahasiswa yang ternyata menjadi ujung tombak, antara lain Taufik Rahman, Siswanto, Nur Kholis Madjid, Berlian Rozak, Tri Widianto Andi Aminudin, Muhammad Nasar, Haerani Akbar, Saiful Bahri, dan Bima Finanto. Dalam kesempatan inilah diterangkan berbagai materi yang berkaitan dengan Internet dan TCP/IP. Dipraktekkan bagaimana sejumlah komputer saling dihubungkan hingga membentuk jaringan intranet dan internet. Bagaimana instalasi OS FreeBSD dan Linux pertama kalinya dengan metode ftp, dapat dibayangkan bagaimana heran dan sulitnya menerima pelajaran mengingat kami saat itu paling banter hanya mengenal DOS, windows3.11 dan windows 95. Disisi lain, ditunjukkan bagaimana cara memanfaatkan internet untuk menimba pengetahuan, telnet, email, mailing list, search enggine, dsb.. Untunglah, dengan pembagian tim menjadi lebih spesifik, masing-masing dapat juga menguasai barang aneh tersebut, walaupun masih sebatas instalasi, konfigurasi dan trouble shooting.

Hingga akhirnya kami mulai bisa memasang FreeDBS release 1 untuk server internet pertamakalinya, yang dimotori tim Administrator seperti Siswanto, Tri.Widianto, Taufik, Haerani Akbar dengan servis DNS, proxy, dan Web Server. Mulailah online di internet situs UMM pertama kali di http://www.umm.ac.id. Sementara tim Webmaster yang dimotori Nur Kholis Madjid, Berlian, Andi, dkk saat itu mulai sibuk mendesain tampilan web untuk mengisi situs barunya.

Materi NOS (Network Operating System) dan Linux, oleh Ismail Fahmi, diberikan secara unix sebagai alternatif pengembangan jaringan UMMNet berikutnya. Mulailah dibahas teknologi Packet Radio yang menggunakan modem 1200 bps dan radio FM VHF. Terpilih secara alamiah sebagai motor waktu itu Muhammad Nasar dan beberapa kawan, yang konon tertarik dengan pengembangan sistem telekomunikasi radio ini.

[edit] Mengembangkan jaringan Packet Radio

Packet radio terus di-oprek oleh Nasar, yang saat itu masih berkutat pada sofware NOS berbasis DOS sampai sekian lamanya, sampai-sampai muncul julukan baru oleh rekan-rekannya, "CNRG UMM" (Cilik-cilik Ngoprek Radio Ga mari-mari). Akan tetapi tidak lama setelah sentilan itu muncul, berhasillah di-setup Gateway Radio Packet se Malang Raya menggunakan sistem operasi Linux Slackware 3.5, dengan perangkat bekas seperti CPU 486DX, memory 16M dan HDD 40Gb, sebuah modem baycom TCM3105 yang dirakit sendiri, serta sebuah radio tranceiver FM-VHF dengan daya pancar 200 mili watt mengudara pada frekuensi 144.15 MHz lewat sebuah antena VHF Omnidirectional yang diletakkan di atas atap gedung perpustakaan pusat UMM.

Alokasi IP Amatir-pun dialokasikan oleh Onno W. Purbo YC1DAV dengan netmask 44.132.136/24 untuk kecepatan 1200bps, dan 44.132.137/24 untuk pengembangan berikutnya di kecepatan 9600bps.

[edit] Pergerakan Amatir Radio di Malang

Dimulailah pergerakan para hobbyst amatir radio di Malang untuk mengkoneksikan terminalnya ke Internet melalui gateway baru ini. Antara lain Bapak Nuchin Alfauzi (YC3ZAM) di sekretariat ORARI Malang Stadion Gajayana, Bapak Hifni (YB3ZBZ) di MITEK UNIBRAW, Bapak Heru di POLTEK Malang, Bapak Wismanu di VEDC Arjosari Malang, Om Tino di Jl. Cikampek, Om Bino yang suka lirik-lirik, dan yang lebih menarik adalah beberapa rekan kos-kosan mahasiswa yang juga turut tersambung dengan jaringan AMPR-Net Malang ini.

Terminal yang digunakan bervariasi, ada yang menggunakan modem baycom, ada pula yang memakai souncard sebagai modem. Untuk sistem operasi pun, saat itu ada yang menggunakan linux, NOS, dan flexnet berbasis MS Windows. Kami sempat pula mengadakan seminar/workshop packet radio di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dan instalasi gateway packet radio sejenis untuk wilayah Surabaya yang bermarkas di Lab Telecom Teknik Elektro ITS yang dimotori oleh mas Haris dibawah binaan Bapak Dr. Salehuddin (alm).

Bagaimana cara setup gateway dan menjadi bagian dari AMPRNet, saat itu sempat kami tuangkan pada paper (dapat didownload di http://onno.vlsm.org/v11/ref-ind-1/physical/wireless/amateur-packet-radio-network-11-1999.rtf) yang dipresentasikan pada Konferensi AI3 di ITN tahun 1999.

Hari terus berganti, tim UMMNet pun yang status sebagai mahasiswa, setelah masa studi selesai, satu persatu mulai melangkahkan kaki menapak babak selanjutnya.

Personal tools