Shell

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Sebuah shell merupakan perangkat lunak yang menyediakan antarmuka untuk pengguna. Biasanya, istilah merujuk kepada sistem operasi shell yang menyediakan akses ke layanan dari sebuah kernel. Namun, istilah ini juga berlaku untuk aplikasi yang sangat luas dan mungkin termasuk semua perangkat lunak yang dibangun di sekitar komponen tertentu, seperti web browser dan email klien yang merupakan "shell" untuk mesin rendering HTML. Istilah "shell" di ambil dari metafora kulit kerang yang merupakan sebuah lapisan luar yang menjadi antarmuka pengguna dan bagian-bagian dari sistem operasi (kernel) di dalamnya.

Shell Sistem operasi umumnya terbagi dalam dua kategori: perintah-line dan grafis. Shell Command-line menyediakan sebuah command-line interface (CLI) untuk sistem operasi, sedangkan shell grafis menyediakan antarmuka pengguna grafis (GUI). Baik dalam kategori utama tujuan shell adalah untuk memohon atau "memulai" program lain, namun sering kerang ada tambahan kemampuan seperti melihat isi direktori.

Kelebihan relatif dari shell berbasis CLI dan GUI sering diperdebatkan. Pendukung shell CLI klaim bahwa beberapa operasi dapat dilakukan lebih cepat daripada di bawah shell GUI (misalnya, seperti memindahkan file). Namun, pendukung shell GUI memperlihatkan perbandingan kegunaan dan sederhana shell GUI. Pilihan terbaik sering ditentukan oleh cara sebuah komputer akan digunakan. Terutama pada server yang digunakan untuk transfer data dan pemrosesan dengan ahli administrasi, shell CLI yang mungkin adalah pilihan terbaik. Di sisi lain, sebuah GUI akan lebih sesuai untuk komputer yang akan digunakan untuk mengedit foto atau video dan pengembangan di atas data.

[edit] Pranala Menarik

Personal tools