Simulasi Router di Ubuntu dengan Firestarter (run on virtualBox)

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Sumber: http://www.mangkasara.com/index.php?option=com_content&view=article&id=74:simulasi-router-di-ubuntu-dengan-fire%3Eun-on-virtualbox&catid=42:virtual

Sebuah komputer dapat dijadikan router, secara sederhana biasanya untuk kebutuhan sharing jaringan atau untuk membuat jaringan Local. Ubuntu yang saya gunakan versi 9.10. Sedangkan untuk pengujian, ubuntu diinstal di virtualbox. Komputernya sendiri adalah Laptop dengan jaringan wireless. Sedangkan untuk komputer uji untuk mengetahui apakah terjadi koneksi jaringan saya juga menginstal Virtual PC dan didalamnya di install OS windowsXP SP2. Maklum kebutuhan Ram Phisik untuk experiment ini tidak mencukupi (terpaksa menggunakan Virtual PC karena kebutuhan memori virtual untuk OS WindowsXP agak kecil hanya 128Mb, tidak seperti OS ubuntu membutuhkan memori 384Mb). Sedangkan Ram yang saya miliki hanya 1G.

Langkah-langkah:

  1. Instalasi Firestarter lewat Synaptic Package Manager (tinggal centang dan apply. Tidak repot)
  2. Untuk terjadi koneksi dengan jaringan, Ubuntu saya set kartu jaringannya Mode NAT. Sedangkan kartu jaringan ke dua Mode local (VirtualBox Host-Only)
  3. Sebelum mengaktifkan Firestarter. Lakukan pengujian apakah sudah dapat melakukan Browsing di ubuntu.
  4. Kartu jaringan kedua sudah dalam posisi aktif. Aktifkan jika belum. Lewat Menu System> Preferences >Network Connection (jika hanya satu yang tampil dapat dengan klik add dan settingan yang lain samakan saja dengan eth0, kecuali mac addres; tidak perlu diisi)
  5. Hidupkan Komputer kedua dengan kartu jaringan VirtualBox Host-Only Network. (seperti settingan item 2)
  6. Terkadang membutuhkan restart agar dapat berjalan normal.
  7. Jalankan Firestarter (Application > Internet > Firestarter)
  8. Pada Pilihan Preferences: Internet Connected network device saya mengeset ke eth0, sedangkan Local Connected device saya mengeset ke eth1. Apakah ini tidak saling tertukar ? Dapat dilihat lewat menu System> Administration> Network Tools Pilih Tab Device, Network device eth0 nampak mendapatkan IP 10.0.2.15 dan kartu jaringan inilah yang akan kita sharing.
  9. Centang cekbox Enable Connection sharing. Untuk Cekbox DHCP saya tidak gunakan.
  10. Sama dengan langkah 8 untuk mengecek IP yang terbentuk untuk eth1 (biasanya 192.168.x.xx). Pada artikel ini saya mendapat IP 192.168.56.101 dengan mask 255.255.255.0 dan gateway pasti kosong.
  11. Tinggal mengeset kartu jaringan komputer target (di Virtual PC yang ber-OS WinXP) dengan IP 192.168.56.102 Mask 255.2555.255.0 Gateway 102.168.56.101 (IP yang ada di Eth1)
  12. Untuk settingan lain yang perlu disamakan adalah DNS jika menggunakan DNS atau Proxi jika menggunakan Proxi.

Catatan: Jika ingin menggunakan Kartu jaringan phisik, tinggal menyiapkan kabel Jaringan Cross jika terhubung langsung ke komputer lain (komputer phisik), atau dengan kabel Stright jika menghubungkan ke switch dan mengganti/ mengarahkan kartu jaringan VirtualBox Host-Only Network ke Kartu jaringan Phisik. Mungkin Perlu juga untuk restar ulang.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools