Taktik Sederhana Membuat Internet Menjadi Murah

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Siapa yang tidak ingin Internet murah? Pasti semua orang ingin supaya Internet murah ..

Kunci agar Internet menjadi murah sebetulnya sangat sederhana

  1. Sharing biaya akses Internet dengan orang lain / tetangga, ini kita kenal sebagai WARNET (jika dilakukan dalam satu ruangan), RT/RW-net (untuk satu RT atau RW), Lab Komputer (di sekolah), kampus network (di kampus).
  2. Bangun server-server lokal di kampus / institusi / perumahan (RT/RW-net) supaya konten yang kita akses tidak perlu ke luar dari jaringan lokal.
  3. Semakin banyak yang ikut saweran semakin murah biaya yang harus di tanggung per orangannya. Bahkan sering kali mereka yang mengoperasikan jaringan akhirnya memperoleh akses Internet secara gratis :) ..

Bayangkan, biaya Internet unlimited pada hari ini (pertengahan 2012) sekitar Rp 200-300.000,- / bulan, jika kita bagi dengan tetangga misalnya 10 tetangga, maka per orang sebetulnya hanya perlu membayar sekitar Rp. 20-30.000 / bulan / tetangga. Investasi yang dibutuhkan tidak terlalu besar, sekitar Rp. 2-3 juta untuk jarak jangkau 100-200 meter.jadi sekitar Rp. 200-300.000,- / tetangga.

Jika kita lihat secara teknologi, sebetulnya juga sangat sederhana sekali.

  1. Kunci utama adalah proxy server, ini biasanya sudah ada dalam router Speedy atau router 3G.
  2. Buat LAN lokal, dengan menarik kabel LAN ke komputer yang ingin mengakses bersama-sama. Jaringan LAN biasanya mencukupi untuk jaringan dalam sebuah ruangan seperti WARNET.
  3. Buat HotSpot, ini biasanya dibutuhkan untuk laptop di sebuah sekolah / kampus / institusi agar nyaman tersambung ke Internet.

Membuat jaringan yang kompleks, seperti menyambungan sebuah kompleks perumahan, kampus yang luas.

  1. Modifikasi jaringan HotSpot agar bisa untuk jaringan yang luas. Yang paling sederhana adalah mengganti antenna dengan yang lebih besar. Kita mengenal antennna Wajanbolic, Bazooka dll yang intinya membuat jangkauan-nya menjadi lebih jauh.
  2. Membuat server lokal, agar pengguna tidak perlu mengakses ke Internet. Yang paling sederhana, membuat file server, yang lebih kompleks membuat server video / media server agar kita dapat menonton film melalui jaringan lokal menggunakan Smart TV.
Personal tools