Teknik Instalasi Peralatan WiMAX

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Bagi anda yang familiar dengan teknik instalasi WiFi. Maka teknik instalasi peralatan WiMAX tidak jauh berbeda dengan instalasi WiFi. Bahkan cenderung sama dengan WiFi untuk instalasi di luar ruangan.

Bagi anda yang pertama kali membaca-baca tentang instalasi WiMAX ini ada baiknya untuk membaca referensi tentang instalasi WiFi di luar ruangan, seperti,

Terutama di buku “Jaringan Nirkabel di Negara Berkembang” di jelaskan dengan sangat jelas teknik untuk instalasi peralatan wireless di luar ruangan.

Contents

[edit] Instalasi BS WiMAX

Gambaran umum instalasi sebuah Base Station (BS) WiMAX di perlihatkan pada gambar di atas. Pada instalasi yang sebenarnya mungkin akan berbeda sedikit dari gambaran umum yang di sederhanakan tersebut.

Beberapa kunci penting dalam instalasi Base Station WiMAX dapat di rangkum sebagai berikut,

  • Base Station (BS) biasanya di letakan di atas tower. Kemungkinan ada BS yang membagi peralatannya menjadi Unit Outdoor dan Unit Indoor. Sebagian BS mungkin mempunyai antena yang sudah built-in di dalamnya.
  • Power over Ethernet (PoE) di gunakan pada sebagian BS. Sebagian BS ada yang menggunakan kabel power / listrik langsung masuk ke peralatan BS. Karena menggunakan PoE kemungkinan akan terjadi drop tegangan jika harus dilalukan ke kabel Ethernet yang panjang.
  • Antenna external. Biasanya berupa antena sektoral yang mempunyai gain dan membuat performance sistem jauh lebih bagus di bandingkan dengan antenna omni.

Selanjutnya adalah peralatan pendukung seperti,

  • Router yang akan membagi akses ke beberapa BS jika ada. Untuk instalasi yang sederhana, kita dapat menggunakan hub tanpa router sama sekali. Router juga mengatur akses ke Internet.
  • Kabel anti petir untuk menyalurkan energi petir ke tanah. Kita harus mengisolasi kabel anti petir ini dari tower.
  • Kabel anti petir di masukan ke tanah.
  • Tower juga di grounding ke tanah.

[edit] Instalasi BS WiMAX Hariff

Tampak pada gambar adalah BS produksi Hariff. Kabel pigtail antenna menggunakan coax yang berkualitas baik, seperti, Heliax, terlihat berwarna hitam keluar dari bawah BS dan tampak menggantung di samping BS menuju ke antenna.

Tampak close-up dari kabel antenna dan kabel UTP yang tersambung ke BS. Tampak jelas konektor antenna di lapisi oleh selotape warna hitam untuk melindungi konektor antenna dari gangguan cuaca dan terutama air hujan.

Sebaiknya semua konektor yang ada di antenna semua di bungkus menggunakan selotape listrik yang berwarna hitam untuk melindungi konektor dari cuaca.


Tampak pada gambar adalah instalasi peralatan BS WiMAX yang di pasang pada pipa yang semuanya di pasang pada tower di ketinggian sekitar 70 meter di lokasi percobaan WiMAX milik RISTEK di PUSPIPTEK SERPONG.



[edit] Instalasi BS WiMAX TRG

Pada gambar di perlihatkan instalasi peralatan BS yang dibuat oleh TRG. Secara umum tidak berbeda jauh dengan peralatan yang dibuat oleh Hariff, seperti,

Agak berbeda dengan Hariff, pada peralatan TRG, terdapat satu kabel lagi yang keluar dari BS yaitu kabel listrik.


Tampak pada gambar adalah lebih detail dari berbagai kabel yang keluar dari BS TRG. Secara umum ada tiga (3) kabel yang keluar dari kiri ke kanan, yaitu,

Semua instalasi kabel yang keluar di lindungi menggunakan selotape listrik agar tidak terganggu oleh cuaca.


Pada gambar di atas di perlihatkan lebih detail instalasi peralatan BS TRG. Terlihat konektor antena di lindungi menggunakan selotape listrik.

Di samping itu, di sambungkan sebuah kabel anti petir berwarna kuning ke sambungan antenna ke pipa sehingga semua badan antenna merasakan grounding yang baik.

Terlihat pada gambar terdapat sebuah kabel terbuka. Kabel ini adalah kabel anti petir.



[edit] Instalasi BS Airspan LEN

Sebuah BS Airspan LEN tampak dari agak samping. Bracket untuk memegang antenna tampak di belakangnya.

Sebuah BS Airspan LEN tampak bawah. Kabel UTP yang terbungkus dengan kuat tampak keluar dari badan BS Airspan LEN.

Sebuah BS Airspan LEN tampak muka. Tampaknya hanya berbentuk antenna sectoral saja. Padahal di dalamnya terdapat semua peralatan radio dll.

Subscriber Data Adapter (SDA) untuk BS Airspan LEN tampak atas. Di dalam sebuah Subscriber Data Adapter (SDA) [BS]] Airspan LEN adalah hub dan Power over Ethernet.

Subscriber Data Adapter (SDA) untuk BS Airspan LEN tampak atas.

Subscriber Data Adapter (SDA) untuk BS Airspan LEN tampak belakang.

[edit] Instalasi Tower & Hub di Network Operation Center

Mari kita perhatikan lebih dekat instalasi tower yang digunakan untuk WiMAX. Perlu di catat di sini bahwa tower yang digunakan di sini cukup tinggi sekitar 70 meter yang dibangun secara profesional.

[edit] Pranala Menarik

Personal tools