Televisi Amatir Radio

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Contents

[edit] Televisi Digital

Tampaknya ada gerakan di Amatir Radio untuk melakukan experimen menuju televisi digital mengacu pada standard yang di kembangkan di:

[edit] DVB-T Homebrew

[edit] DVB Open Source Software


[edit] Amatir Televisi

Membanjirnya peralatan elektonik seperti camcorder, video monitor, computer processors dan seterusnya, di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau oleh masyarakat, memungkinkan para Amatir Radio untuk mengembangkan hobinya dalam moda gambar (image communication), yang sebelumnya hanya dilakukan oleh para experimenter saja di laboratoriumnya. Tiga (3) sistem komunikasi gambar yang utama ialah: fast­scan Amateur Television (FSTV), disebut juga ATV; slow­scan television (SSTV); dan facsimile (fax).

[edit] FSTV

Penampilan gambar FSTV mempunyai kualitas yang tidak berbeda sebagaimana layaknya TV broadcast komersil dan memang gambarnya bergerak hidup seperti gambar TV komersil, tetapi FSTV masih tetap “amatir”. Kesamaan itu memang bukan suatu yang kebetulan karena FSTV mempergunakan standar transmisi dasar (basic transmission standard) yang sama. Perbedaannya ialah bahwa Amatir tidak diperkenankan untuk menayangkan untuk umum, untuk tujuan komersil dan yang bersifat hiburan. Disamping itu Amatir bekerja dengan tingkat daya (power) yang jauh lebih kecil sehingga perlu diimbangi dengan high­gain antenna. Mengingat FSTV adalah suatu moda gambar wide­bandwdth, maka penggunaannya dibatasi pada pita frek. UHF (70 cm atau lebih tinggi).

[edit] SSTV

Kalau FSTV menampilkan full­motion video, maka SSTV hanya menampilkan still pictures atau gambar diam saja. Walaupun demikian bekerja dengan SSTV tetap menggairahkan karena kita bisa melihat wajah dari lawan kita berkomunikasi. SSTV didesain untuk pertama kali oleh seorang Amatir pada permulaan tahun enampuluhan. Tahun­ tahun selanjutnya para Amatir terus memperbaiki dan menyempurnakan kualitas SSTV. Sukses yang dicapai para Amatir dalam mengembangkan SSTV selama lebih dari 30 tahun telah mengundang penggunaan SSTV sebagai sistem transmisi narrow­bandwidth jarak jauh oleh pihak militer dan komersil. SSTV adalah suatu moda gambar narrow­bandwdth, maka penggunaannya diperkenankan di semua phone band amatir.

Tampak pada gambar adalah tampilan layar komputer OM Sulwan YB8EIP pada saat mengoperasikan SSTV pada stasiun Makassar Digital Club (MDC) yang bercallsign YB8ZD. Software yang digunakan adalah MMSSTV versi 1.1 yang dapat di peroleh dengan mudah di Internet maupun melalui situs DIKLAT ORARI.

[edit] Facsimile (Fax)

Fax adalah suatu metoda transmisi resolusi sangat tinggi untuk mengirim gambar diam (still pictures) dengan menggunakan voice­bandwidth radio circuits. Sebelum penggunaan komputer memasyarakat seperti sekarang, fax dikirim dengan sistem mekanik menggunakan mesin bernama facsimile recorder. Munculnya komputer secara luas telah menggantikan sama sekali kedudukan mesin fax mekanik tersebut.

[edit] Pranala Menarik

Personal tools