Troubleshooting Sederhana ADSL

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Secara sederhana ada beberapa trik yang mungkin akan sangat membantu proses instalasi & operasi ADSL.


  • Pada kabel telepon yang akan dihubungkan ke modem ADSL, pastikan splitter telah terpasang.
  • Pasang pesawat telepon pada kabel telepon untuk ADSL, dengarkan – apakah ada nada dial? Jika tidak ada nada dial berarti kabel bermasalah. Pastikan juga bahwa nada yang di dengar cukup jernih, berarti sambungan cukup baik.
  • Lepaskan pesawat telepon, pasang modem ADSL ke kabel telepon. Sambungkan kabel LAN ke computer. Masukan power supply modem ADSL ke PLN.
  • Set IP address computer agar satu keluarga dengan modem ADSL, biasanya keluarga 192.168.1.x atau 10.0.0.x.
  • Ping modem ADSL dari computer. Beberapa IP address default modem ADSL adalah 192.168.1.1, 192.168.2.1, 10.0.0.2.
  • Jika modem ADSL mempunyai CD instalasi, jalankan CD & konfigurasi menggunakan CD akan jauh lebih mudah daripada melalui Web.
  • Cek status modem ADSL - apakah tersambung dengan baik atau tidak.


Yang biasakan akan seru adalah pada saat cek status sambungan ADSL, kita perlu mencek permasalahannya dimana umumnya halaman status pada konfigurasi modem ADSL dapat memberikan banyak informasi yang berguna untuk troubleshooting. Logika permasalahan sebetulnya sederhana


  • Tidak ada dial tone – berarti kabel telepon bermasalah.
  • Pada halaman status, ADSL tidak berhasil sinkronisasi dengan Telkom, ada beberapa kemungkinan
    • Kabel telepon kurang baik, bisa di cek dengan memasang pesawat telepon dan mendengarkan apakah suara sambungan “krosok-krosok”.
    • Modem ADSL yang digunakan tidak baik, pengalaman saya menunjukan dalam banyak hal modem ADSL yang digunakan tidak tahan dengan kondisi jaringan telepon di Indonesia.
    • DSLAM di sentral Telkom yang tidak baik / sedang bermasalah.
  • Pada halaman status, ADSL tidak berhasil memperoleh IP address, ada beberapa kemungkinan masalah,
    • Sambungan antara DSLAM di Telkom ke ISP yang bermasalah.
    • Server di ISP yang sedang bermasalah.
  • Pada halaman status, ADSL tidak berhasil login / authentikasi ke ISP, berarti username / password yang kita gunakan salah.


Dengan mengetahui kondisi status, kita dapat complain / menentukan permasalahan ke tempat yang benar. Tidak semua masalah berasal dari Telkom. Pengalaman saya menunjukan bahwa sering kali masalah justru datang dari modem ADSL yang kurang baik.


[edit] Tips dari 147 Telkom

Halo Pelanggan Speedy yang kami hormati,

Pada kesempatan ini kami ingin memberikan tips untuk anda apabila mengalami gangguan Speedy. Tips ini akan membantu anda mencari penyebab gangguan yang paling umum terjadi, dan pada sebagian besar kasus akan bisa diketahui masalahnya tanpa harus menelepon ke 147.

Tips Cek Sendiri Gangguan SPEEDY Cek Modem ??? Apakah lampu POWER modem menyala? Langkah ini diperlukan untuk mengetahui apakah modem dalam keadaan hidup atau tidak. Apabila lampu POWER modem mati sementara listrik ke modem sudah tersambung, artinya modem dalam keadaan rusak. Silahkan hubungi 147 untuk mendapatkan penggantian (apabila masih dalam masa garansi). ???

Apakah lampu LAN menyala? Cek lampu LAN untuk memastikan koneksi modem ke PC atau laptop OK. Apabila lampu LAN mati, koneksi antara modem dan PC kurang baik. Cobalah memeriksa apakah ada kabel terputus atau konektor yang longgar. ???

Apakah lampu DSL menyala? Tujuan dari langkah ini adalah untuk memastikan status modem apakah sudah sinkron dengan sentral. Apakah lampu DSL menyala tetap atau mati/berkedip? Bila menyala tetap artinya modem sudah sinkron dengan Sentral. Silahkan lanjutkan ke cek lampu INTERNET. Bila lampu DSL mati/berkedip, artinya modem tidak bisa melakukan sinkronisasi dengan sentral. Cobalah mencabut kabel telepon dari splitter dan menyambungkannya langsung ke modem. Apabila setelah itu lampu DSL menyala tetap, artinya splitter anda rusak. Gantilah splitter dengan yang baru. Splitter biasanya bisa didapat di toko computer atau toko listrik yang menjual modem ADSL. Apabila setelah disambung langsung ke modem lampu DSL tetap mati/berkedip, mohon agar dapat dilaporkan ke 147, karena petugas di sentral harus melakukan reset kepada saluran Anda.

Apabila lampu DSL mati/ berkedip, Cek juga nada panggil telepon, apakah ada dial tone, bila tidak ada, maka ada masalah di jaringan, mhn agar dilaporkan ke 147. ???

Apakah lampu INTERNET menyala? Cek lampu internet ini gunanya untuk memastikan bahwa koneksi ke internet sudah OK/tersambung. Restart Modem Apabila lampu internet sudah menyala tetapi gangguan internet masih terjadi, cobalah untuk melakukan restart modem dengan cara menekan tombol on/off, atau reset atau mematikan dan menghidupkan kembali modem DSL anda. Banyak kasus dimana setelah dilakukan restart koneksi internet kembali berjalan dengan baik. Kalau belum bisa juga. Mohon maaf bila demikian, mohon anda bisa menelepon 147, petugas kami akan membantu anda.

Terima kasih. Customer Care Unit


[edit] Pranala Menarik

Personal tools