UEC: Interface Web

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Ubuntu Enterprise Cloud menyediakan interface web serderhana untuk manajemen credential user, image, administrasi user account dll.

Dalam contoh setup yang dilakukan, interface web dapat di akses menggunakan https pada web port

8443

misalnya pada alamat:

https://192.168.10.121:8443/

Jika kita sudah selesai mensetup password untuk user admin pada interface web melalui Desktop1 yang di terangkan pada bab “Installation & Configuration”.

Seorang user yang mencoba mengakses interface untuk pertama kali, harus sign up sebelum dapat mengakses interface setelah account tersebut di ijinkan oleh administrator. User yang account-nya di approve oleh administrator biasanya akan dikirimi e-mail.

Contents

[edit] Penggunaan Interface Web

Setelah login ke interface web, anda akan melihat tujuh tab dibawah ini.

  1. Credentials
  2. Images
  3. Store
  4. Users
  5. Configuration
  6. Services
  7. Extras

[edit] UEC Web UICredential

Kit dapat mengubah password account, download credential (yang digunakan untuk mengaktifka instance) dan melihat interface credential (yang digunakan untuk program seperti euca2ools untuk menanya ke CC tentang informasi daftar image, instance dll). Pada bagian yang lain di jelaskan lebih detail lagi tentang credential berikut.

[edit] Image

Kita dapat melihat daftar image yang telah di upload ke CLC. Setiap daftar berisi informasi tentang image tersebut seperti ID dari kernel, ramdisk image dll. Informasi ini sangat bermanfaat jika kita ingin menjalankan image. Kebanyakan informasi adalah read-only, tapi kita dapat men-disable/enable masing-masing image.

[edit] Store

UEC Store Appliance
UEC Store Appliance

Pada tab store terdapat daftar image baru yang terdapat di UEC image store di Canonical. Layanan ini di sediakan oleh Canonical dan penyedia layanan pihak ke tiga seperti M/Gateway. Kita dapat menginstalasi image tersebut jika mempunyai bandwidth yang cukup ke Internet. Instalasi disini meliputi download image dan membuatnya tersedia untuk digunakan di instalasi UEC lokal. Sesudah di instalasi maka image akan muncul pada Image tab dengan kernel dan Ramdisk image-nya.

[edit] Users

Sebagai seorang administrator, kita dapat membuat, melihat, memanage user account termasuk mengaktifkan dan me-nonaktifkan account dan mengubah password.

[edit] Configuration

Kita dapat melihat dan memanage informasi terkait berbagai komponen dari setup UEC anda, seperti, CLC, CC, Walrus dll. Kita juga dapat mengubah berbagai batasan sumber daya untuk berbagai tipe VM, seperti, m1.small, c1.medium dll. Lebih jelas tentang ini di bagian tentang “Instance Management”

[edit] Services

Beberapa informasi komersial tentang layanan dari Canonical dan partner mereka dari UEC.

[edit] Extras

Anda dapat melihat daftar dari Eucalyptus-certified Images dan Eucalyptus-compatible Tools disini.

Eucalyptus Compatible Tools
Eucalyptus Compatible Tools
Eucalyptus certified images
Eucalyptus certified images

[edit] Referensi


[edit] Pranala Menarik

Personal tools