User talk:Laporan KP

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

TCP/IP

TCP (transfort control protocol/internet protocol) merupakan salah satu protocol atau Standar aturan jaringan yang sering digunakan pada jaringan yang luas. TCP berfungsi mengatur perintah-perintah yang berhubungan dengan pengiriman paket data selain itu juga TCP berfungsi mengawai jalannya paket data agar tidak hilang atau rusak sampai pada tujuan. Jika data yang dikirimkan oleh TCP itu di jalan terdapat data yang hilang atau rusak maka dia akan mengembalikan data tersebut kembali dan akan mengirimkan ulang datanya sampai benar-benar datanya sampai pada tujuan dengan benar dan selamt tidak ada yang rusak sedikt pun.

IP (internet protocol) dalam melakukan tugasnya TCP dibantu oleh IP addres. IP addres adalah nomer atau angka yang digunkan untuk melakukan pengalamatan kepada sebuah computer dalam suatu jaringan. Dan dalam melakukan pengalamatan dalam sebuah computer di dalam suatu jaringan itu. Pengalamatan dari tiap komputernya harus unix (berbeda) antara satu computer dengan computer yang lainnya agar bisa terkoneksi dengan baik dan bisa digunakan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Dalam TCP/IP terdapat beberapa lapisan layer yang semuanya itu memiliki masing-masing fungsi sendiri. Dianta masing=masing lapisannya itu adalah :

                            ***********************
                            *  Application Layer  *
                            ***********************
                            *   Transport Layer   * 
                            *********************** 
                            *   Internet Layer    *
                            *********************** 
                            * Network Access Layer* 
                            *********************** 
  1. application layer adalah bagian yang paling tinggi di dalam TCP/IP dan terdafat bagian Trnsfort layer yang berfungsi sebagai tempat pengiriman data dan semua yang menycakup semua proses dalam pengiriman paket data
  2. transfort layer pada lapisan ini terdapat dua protocol penting yaitu TCP dan UDP dan kedua protocol ini mengirimkan paket data di antara lapisan application layer dan internet layer.
  3. internet layer adalah protocol paling penting dalam dalam internet. Internet layer menyediakan layanan pengiriman paket data dasar jaringan tempat TCP/IP di bangun
  4. Network Acces Layer berfungsi menyediakan media bagi system untuk paket data pada sisitem dan mengirimkan data pada perangkat lain yang terhubung secara langsung pada jaringan.

Dalam suatu jaringan kita akan mengenal apa yang namanya ISO-OSI layer. ISO-OSI layer memiliki tujuh lapisan layer, yang masing-masing dari lapisannya terdapat fungsi dan aturan masing-masing yang berbeada. Dari tujuh lapisan layer ISO-OSI layer tersebut adalah :

                                 *********************
                                 *  Application layer *
                                 **********************
                                 *  Persentation Layer* 
                                 ********************** 
                                 *   Session Layer    *
                                 **********************
                                 *   Transport Layer  *
                                 **********************
                                 *    Network Layer   * 
                                 ********************** 
                                 *   Data Link Layer  * 
                                 **********************
                                 *    Physical Layer  *
                                 **********************
  1. lapisan application layer lapisan ini adaLah lapisan tertinggi pada model OSI layer,Biasanya pada lapisan ini berupa program atau aplikasi pada tingkat layanan informasi.
  2. lapisan presentasi di gunakan untuk menyelesaikan syntax (bahas pemrogramaan) data yang berada dalam jaringan. Lapisan presentasi memiliki standar encoding (penyandian) yang di gunakan dalam proses aplikasi data
  3. Lapisan seseion menyediakan fasilitas bagi pengguna jaringan untuk melakukan percakapan atau komunikasi dari satu computer ke computer lain
  4. Fungsi dasar lapisan transport adalah meneima data dari lapisan session, memisahkan menjadi bagian atau unit yang kecil, meneruskan ke lapisan jaringan untuk dikirinkan , dan menjamin unit-unit data tersebut sampai dengan benar ketempat tujuan.
  5. Network layer bertanggung jawab untuk membuat paket data yang akan di kirim kan, memberikan fasilitas pengalamat jaringan (routing), dan melakukan pengontrolan aliran data pada computer ke interface jaringan. Lapisan jaringan harus dapat membedakan pengalamatan jaringan, serta mengatur paket-paket data yang berukuran berbeda.
  6. Lapisan data link bertugas menjamin agar data yang di kirimkan ke lapisan jaringan sampai ke tujuan dalam ke adaan baik.
  7. Lapisan physical layer lapisan ini merupakan lapisan paling rendah dari model referensi ISO. Lapisan ini berhubungan dengan segala macam bentuk media fisik yang berhubungan dengan jaringan contoh kabel dan lain sebagainya yang bentuknya fisik.

Setelah kita belajar mengenai TCP dan OSI laye maka terdapat perbedaan di antanya adalah :

  1. OSI Layer memiliki 7 lapisan layer, dan TCP/IP hanya memiliki 4 layer
  2. tiga layer teratas pada OSI Layer, yaitu Aplikasi, Presentasi, dan session direpresentasikan ke dalam satu lapisan layer TCP/IP yaitu layer Aplicationer
  3. layer network pada OSI Layer direpresentasikan sebagai layer internet pada TCP/IP layer, namun fungsi keduanya masih tetap sama.
  4. Layer Network Accsess pada TCP/IP menggabingkan fungsi dari layer datalink dan physical pada OSI Layer, dengan kata lain layer network accsess merupakan representasi dari kedua layer paling bawah dari OSI Layer yaitu datalink dan physical
  5. TCP/IP Layer merupakan “protocol spesific”, sedangkan OSI Layer adalah Protokol “independent”
Personal tools