VoIP: Interkoneksi dan Alokasi Nomor Telepon

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Salah satu cita-cita kita yang menggunakan Internet telepon adalah kita ingin dapat menerima telepon dari Telkom atau selular / handphone di Indonesia. Sialnya, telepon dari Telkom atau selular / handphone hanya dapat menelepon ke telepon yang di tuju jika kita mempunyai nomor telepon yang di kenal oleh Telkom atau selular / handphone.

Pada kesempatan ini akan di jelaskan beberapa solusi untuk memperoleh nomor telepon yang di kenali oleh operator telekomunikasi di Indonesia tanpa perlu mengeluarkan biasa sepeser-pun. Nomor telepon tersebut adalah,

  • Nomor Washington State, kode negara +1
  • Nomor Inggris, kode negara +44
  • Nomor Internet, kode negara +882

Di samping itu, kita juga dapat mendaftarkan nomor telepon kita Indonesia, dengan kode negara +62, ke jaringan VoIP Internasional agar account VoIP kita di kenali sebagai nomor telepon Indonesia. Di bawah ini akan di jelaskan teknis detail proses perolehan nomor tersebut.

Perlu dicatat bahwa untuk dapat menerima telepan dari Telkom & operator di Indonesia, kita cukup menggunakan komputer, softphone dan sambungan ke Internet yang sebaiknya 24 jam. Tentunya ini semua akan lebih mudah lagi kalau kita mempunyai peralatan VoIP Appliance seperti IPPhone dll.

Pada tingkat yang lebih kompleks, sebetulnya teknologi internet telepon berbasis SIP dapat mengenali nomor Indonesia +62 dan kita dapat membuat sendiri server-nya. Hal ini menjadi bagian dari teknologi ENUM.

Contents

[edit] Lebih Detail

[edit] Pranala Menarik

[edit] Latar Belakang

[edit] Untuk Pemula

[edit] Untuk Peneliti / Pencoba

[edit] Untuk Operator

[edit] Topik Lanjut

[edit] Buku Teknologi VoIP

Personal tools