VoIP: Nomor Gratis Negara Internet +882

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Salah satu servis yang sangat kritis di Internet adalah ENUM yang melakukan mapping / pemetaan dari IP address ke nomor telepon menggunakan Domain Name System (DNS).

Format nomor telepon yang kita kenal, seperti, +628118855678 dengan +62 kode negara Indonesia, 811 kode area, dan seterusnya nomor pesawat di kenal sebagai format E.164.

Proses pemetaan antara format E.164 dengan IP address biasanya dilakukan oleh mesin DNS yang ada di Internet, dengan menggunakan entry khusus NAPTR. Ada dua (2) Top Level Domain yang menjadi acuan bagi proses ENUM ini, yaitu,

  1. e164.org
  2. e164.arpa

e164.arpa adalah top level domain yang biasanya digunakan oleh lembaga telekomunikasi formal yang biasanya di kontrol oleh International Telecommnuication Union (ITU), kalau di Indonesia mungkin di kontrol oleh DIRJEN POSTEL.

Sementara, top level domain untuk E.164 yang tidak terlalu formal adalah e164.org. Dalam bahasa sederhananya e164.org adalah kumpulan para pembrontak VoIP di Internet. Kita dapat registrasi di http://www.e164.org untuk memperoleh account yang nantinya dapat digunakan untuk memperoleh nomor telepon dan meregistrasikan nomor telepon.

Untuk mengintegrasikan e164.org, ikuti langkah yang di berikan di http://www.e164.org/wiki/AsteriskExamples
Untuk mengintegrasikan e164.org, ikuti langkah yang di berikan di http://www.e164.org/wiki/AsteriskExamples

Agar proses interkoneksi antar softswitch asterisk dapat berlangsung dengan baik, pada bagian config di e164.org di jelaskan dengan baik teknik mengkonfigurasi enum.conf supaya Asterisk dapat mengenali nomor-nomor yang ada di e164.org. Pada dasarnya kita hanya perlu mengaktifkan parameter,

search => e164.id
search => e164.org
search => e164.arpa

Pada enum.conf, setelah ini diaktifkan maka secara automatis asterisk akan mencari nomor PSTN yang di tuju di e164.org & e164.arpa.

Tentunya para pembrontak VoIP di Indonesia sudah pula mengoperasikan server ENUM-nya sendiri yang tidak terkait dengan pemerintah Indonesia. Entry yang perlu dimasukan ke enum.conf adalah

search => e164.or.id

Tentunya anda dapat pula mengoperasikan server ENUM sendiri, hanya hanya membutuhkan DNS server untuk keperluan tersebut.

Contents

[edit] Register ke e164.org

Pada bagian Sign-Up kita dapat mendaftarkan diri untuk memperoleh account di e164.org yang nantinya dibutuhkan untuk memperoleh nomor telepon atau mendaftarkan nomor telepon. Informasi yang dibutuhkan pada proses Sign-Up hanya

  1. username
  2. password
  3. e-mail address
  4. Zona Waktu

Setelah semua informasi tersebut dimasukan, tekan tombol “Add me” untuk mendaftarkan account di e164.org. Selesai sudah proses pendaftaran account di e164.org, kita dapat mengunakannya untuk memperoleh nomor telepon / mendaftarkan nomor telepon.

[edit] Mendaftarkan / memperoleh nomor telepon dari e164.org

Untuk memperoleh nomor telepon / mendaftarkan nomor telepon, kita harus masuk ke bagian Login e164.org. Di situ ada beberapa menu yang dapat kita gunakan.

Pada menu “Phone Numbers (Add)”, kita dapat:

  1. http://www.e164.org/pstnadd.php - mendaftarkan nomor PSTN yang kita gunakan di Indonesia
  2. http://www.e164.org/freenumadd.php - memperoleh nomor Internet dengan kode negara Internet +882 dari e614.org
  3. http://www.e164.org/hostadd.php - memperoleh alokasi blok nomor +88299 untuk sebuah SIP Provider.

Nomor PSTN yang kita gunakan harus benar-benar hidup karena setelah proses registrasi e164.org akan menelepon nomor tersebut dan menyebutkan kode aktifasi. Setelah memperoleh kode aktifasi, kita harus masuk kembali ke http://www.e164.org dan mengaktifkan nomor yang kita registrasikan.

[edit] Mendaftarkan nomor telepon PSTN ke e164.org

Untuk mendaftarkan nomor PSTN, kita perlu memasukan bebarapa informasi, yaitu, (1) negara, (2) kode area, (3) nomor pesawat telepon, dan (4) account SIP yang akan di “bunyi”-kan jika seseorang menelepon di jaringan VoIP menggunakan nomor PSTN tersebut. Jadi pada dasarnya, jaringan VoIP tidak akan menelepon nomor PSTN yang kita miliki secara langsung, tapi menelepon account SIP yang kita miliki dengan menggunakan nomor PSTN yang kita miliki. Jadi yang akan bunyi kring adalah account SIP, bukan pesawat telepon telkom yang kita miliki.

Setelah semua informasi di masukan dengan benar, tekan tombol “Add me” untuk mendaftarkan nomor PSTN Indonesia yang kita miliki agar dapat di telepon dari jaringan Internet telepon.

Sekali lagi - bagi anda yang sangat ingin untuk memperkenalkan nomor telepon PSTN atau selular Indonesia dengan kode negara +62 ke jaringan VoIP pembrontak ini, dapat dengan mudah dilakukan melalui menu http://www.e164.org/pstnadd.php yang ada di e164.org.

Informasi yang dibutuhkan tidak banyak, hanya, (1) negara, (2) kode area, (3) nomor telepon lokal, dan (4) account SIP di SIP provider tempat di petakannya nomor PSTN ke SIP.

Anda harus men-standbykan telepon yang nomor-nya di daftarkan ke e164.org karena dalam waktu sekitar 15 menit karena e164.org akan menelepon kita ke nomor yang kita daftarkan dan akan menyebutkan PIN untuk aktifasi account.

Jangan kaget nanti pada saat e164.org dia akan mendiktekan nomor PIN dalam bahasa Inggris. Catat baik-baik nomor tersebut.

Aktifkan account melalui Web dengan nomor PIN yang di sebutkan sebelumnya. Selesai sudah proses registrasi nomor PSTN kita agar di kenali di jaringan VoIP.

Selanjutnya, seluruh pesawat telepon di jaringan VoIP akan menelepon ke account SIP kita dengan menggunakan nomor PSTN yang kita miliki.

[edit] Meminta nomor Internet +882 ke e164.org

Pilihan ke dua yang lebih aman dan tidak merepotkan e164.org, adalah meminta nomor VoIP dengan kode negara +882 yang tidak dapat dihubungi dari jaringan Telkom hanya dapat dihubungi di jaringan VoIP saja.

Untuk memperoleh nomor +822, kita cukup memasukan account SIP atau IAX2 atau H.323 yang kita miliki ke kolom yang kosong. Account di VoIP Rakyat merupakan account SIP. Setelah semua informasi dimasukan dengan benar kita dapat menekan tombol “Add number” untuk memperoleh nomor dengan kode negara +882.

[edit] Meminta Blok Alokasi Nomor Internet +88299 ke e164.org untuk SIP Provider

Bagian yang menarik dari e164.org adalah memperoleh satu blok alokasi nomor dengan kode negara +882. Hal ini dapat di peroleh dengan memilih menu “Server (Add)” atau alamat http://www.e164.org/hostadd.php

Kita cukup memilih jenis protokol yang digunakan apakah SIP / IAX2 / H.323 dan memasukan hostname dari SIP Server yang kita managed. Tentunya SIP Server tersebut harus memiliki IP publik.

Jika semua informasi telah dimasukan dengan benar, tekan tombol “Add Server”, maka Server SIP yang kita operasikan akan di kenali di e164.org dengan alokasi nomor telepon dengan kode negara +882. Artinya, kita akan memiliki sekumpulan nomor yang dapat kita alokasikan lebih lanjut ke para pelanggan / pengguna VoIP kita.

Masih banyak lagi sebetulnya fasilitas yang ada di e164.org, khususnya untuk buku telepon dan fasilitas untuk mengubah berbagai informasi yang berkaitan dengan nomor yang kita gunakan. Memperkenalkan Nomor +62 Indonesia di VoIP Internasional

[edit] Referensi

[edit] Pranala Menarik

Personal tools