VoIP: Testing Sebelum Mengoperasikan System

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Testing sebelum mengoperasikan system adalah testing secara sistematik kemampuan jaringan kita untuk mendukung operasi VoIP. Pada dasarnya testing merupakan sampling dari kemampuan jaringan oleh karena itu sebetulnya tidak terlalu cocok untuk perencanaan, akan tetapi cukup lumayan untuk meningkatkan kepercayaan diri maupun melihat adanya masalah yang mungkin muncul.

Pada dasarnya ada beberapa bentuk testing sebelum pengoperasian system, yaitu,

  • Testing antar site. Untuk melihat adanya masalah karena kepadatan jaringan akses maupun jaringan WAN. Ada baiknya test antar site ini dilakukan dalam waktu yang lama misalnya selama satu bulan. Proses test dapat dilakukan dengan berbagai tool sederhana untuk mensimulasi trafik RTP karena router akan menangani secara berbeda dibandingkan dengan ICMP.
  • Pilot trial. Percobaan terbatas dari sistem IP telephon system yang kita rencanakan untuk melihat masalah yang timbul jika dilakukan operasi skala penuh.
  • Testing desktop. LAN kemungkinan akan memperoleh banyak masalah, kita perlu membangun mekanisme untuk testing setiap segmen terutama mencek seberapa besar tabrakan yang terjadi atau banyaknya frame paket yang tidak baik. Kemudian menggunakan VoIP analyzer jika ada untuk mencek besarnya paket loss maupun jitter pada saat instalasi.

[edit] Pranala Menarik

Personal tools