VoIP: VQManager - Monitor Performance VoIP

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search
Tampilan Muka VQManager
Tampilan Muka VQManager

Tampilan muka VQManager kita dapat secara langsung melihat banyaknya call (call volume), termasuk call yang berhasil maupun gagal. Di sebelah kanan, terlihat kualitas call yang ada secara umum, seperti, delay, jitter, packet loss, MOS, R-Factor.

Bagian bawah dari Tampilan Muka VQManager
Bagian bawah dari Tampilan Muka VQManager

Pada bagian bawah tampilan muka VQManager. Sebelah kiri kita dapat melihat traffic yang lewat dalam Kbps. Sebelah kanan kita dapat melihat traffic yang lewat dalam Packet / Second. Di samping itu kita juga dapat melihat secara umum jenis traffic yang lewat.

Menu Call pada VQManager
Menu Call pada VQManager

Pada menu Call di VQManager, kita dapat melihat secara umum rangkuman kualitas call yang ada. Termasuk profil penggunaan / konsumsi bandwidth. Di samping itu, kita juga dapat melihat call yang sedang aktif saat itu.

Menu Endpoint
Menu Endpoint

Pada menu Endpoint kita dapat melihat secara lebih detail aktifitas, performance dan penggunaan masing-masing endpoint client. Kolom sebelah kiri kita dapat melihat aktifitas penggunaan Endpoint. Kolom sebelah kiri kita dapat melihat secara lebih detail statistik dan kualitas suara dalam komunikasi. Di bawah kita dapat melihat lebih detail tentang QoS call yang masuk maupun call yang keluar.

Menu Endpoint detail call
Menu Endpoint detail call

Pada bagian bawah menu Endpoint di sebelah bawah, kita dapat melihat detail call yang dilakukan oleh Endpoint tersebut.

Menu Report Concurrent Call
Menu Report Concurrent Call

Pada menu Report concurrent call kita dapat melihat dengan jelas berapa jumlah concurrent call yang bisa di tangani oleh softswitch yang sedang kita operasikan.

GoodQualityCallsReport
GoodQualityCallsReport

Melalui menu Report -> GoodQualityCallsReport, kita dapat melihat laporan dari call yang berkualitas baik yang berhasil di lakukan melalui softswitch yang kita operasikan.

UnsuccessfulCallsReport
UnsuccessfulCallsReport

Melalui menu Report -> UnsuccessfulCallsReport, kita dapat melihat laporan call yang gagal. Kita dapat menganalisa lebih lanjut mengapa kegagalan tersebut terjadi.

SuccessfulCallsReport
SuccessfulCallsReport

Melalui menu Report -> SuccessfulCallsReport, kita dapat melihat laporan dari call yang berhasil di lakukan melalui softswitch yang kita operasikan.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools