VoIP Merdeka

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

VoIP Merdeka tumbuh karena adanya rencana pemerintah untuk menaikan pulsa telepon di awal tahun 2003. Beberapa rekan, seperti, Hariyanto Pribadi, Judhi Prasetyo, Onno W. Purbo, Michael Sunggiardi, dibantu oleh APJII dan rekan-rekan industri lainnya mulai mengoperasikan sentral telepon VoIP berbasis protokol H.323 di Internet untuk memberikan solusi telekomunikasi yang murah pada rakyat Indonesia.

Januari 2003, VoIP Merdeka sempat menjadi feature e-lifestyle MetroTV dan mendemokan secara life video conference via Internet dari MetroTV ke Judhi Prasetyo yang berada di Singapura. Sambungan Internet yang digunakan untuk life video conference tersebut dilakukan melalui jalur dial-up IndoNet.

Contents

[edit] Deklarasi VoIP Merdeka

From: "sumarto" josumarto@telkom.net
To: genetika@yahoogroups.com
Date: Sun, 12 Jan 2003 10:19:39 +0700
Jaringan VoIP Merdeka!!!
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu
maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan
perikemanusiaan dan perikeadilan.
Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan didorong dengan keinginan yang luhur
maka sampailah OWP dkk mengantar rakyat Indonesia yang berkehendak untuk berkomunikasi
dengan menggunakan segala kreativitas dan kemampuannya ke gerbang VoIP Merdeka.
Hal-hal yang mengenai pengaturan prefix dan komunikasi antar LGK dan RGK akan
diselesaikan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
Jakarta, 12 Januari 2003.
Merdeka !!!!!
VoIP Merdeka

[edit] Teknologi VoIP Merdeka

Teknologi yang digunakan oleh VoIP Merdeka berbasis protokol H.323 yang merupakan protokol awal VoIP yang distandarisasi oleh ITU. Perangkat lunak yang digunakan sebagai softphone adalah NetMeeting atau GnomeMeeting, sedangkan sentral telepon dapat menggunakan gatekeeper gnugk[1] yang sifatnya open source.

Detail teknik implementasi VoIP Merdeka berbasis protokol H.323 dapat di ambil di http://sandbox.bellanet.org/~onno/the-guide/voip/

[edit] Kesulitan VoIP Merdeka

Kesulitan utama yang dirasakan oleh VoIP Merdeka adalah untuk menembus proxy server yang banyak digunakan di LAN perkantoran yang tersambung ke Internet. Akibatnya, VoIP Merdeka lebih banyak berkembang di perkantoran yang mempunyai banyak cabang yang tersambung dalam jaringan Virtual Private Network (VPN). Untuk keperluan publik / umum, kesulitan untuk menembus proxy server menyebabkan VoIP Merdeka sulit berkembang.

Di tahun 2005, tumbuh VoIP Rakyat yang berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Kendala yang dialami VoIP Merdeka menembus Proxy Server teratasi. Tampaknya VoIP Rakyat berbasis SIP menjadi solusi nyata untuk telekomunikasi murah rakyat Indonesia yang merupakan teknologi Next Generation Network (NGN) di dunia telekomunikasi yang juga di gunakan di jaringan 4G.

[edit] Catatan Menarik

[edit] Pranala Menarik

Personal tools