WNDW: Efek temperatur

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Suhu ambien mempunyai beberapa efek penting pada sifat baterai:

  • Kapasitas nominal baterai (yang biasanya diberikan oleh pabrik untuk 25°C) meningkat dengan suhu pada laju di sekitar 1%/°C. Namun jika suhu terlalu tinggi, reaksi kimia yang terjadi dalam baterai melaju, yang dapat menimbulkan tipe oksidasi yang sama yang terjadi selama penyimpanan daya yang berlebihan. Ini secara nyata akan mengurangi perkiraan umur baterai. Masalah ini dapat dikompensasi sebagian dalam baterai mobil dengan menggunakan disolusi berkepadatan rendah (berat jenis 1,25 ketika baterai terisi penuh).
  • Pada saat suhu berkurang, umur kegunaan baterai bertambah. Namun jika suhu terlalu rendah, anda menghadapi resiko pembekuan elektrolit. Suhu yang sangat dingin bergantung pada kepadatan solusi, yang juga berhubungan dengan kondisi penyimpanan daya baterai. Semakin rendah kepadatan, semakin besar resiko pembekuan. Di daerah bersuhu rendah, anda sebaiknya menghindari mengeluarkan daya baterai secara mendalam (yaitu, DoDmax dikurangi secara efektif. )
  • Suhu juga mengubah hubungan antara tegangan dan penyimpanan daya. Adalah lebih baik untuk menggunakan regulator yang mengatur parameter penyambungan dan pemutusan tegangan rendah menurut suhu. Sensor suhu regulator sebaiknya dipasang pada baterai menggunakan selotip atau suatu metode sederhana lainnya.
  • Pada daerah panas adalah sangat penting untuk menjaga baterai agar tetap sesejuk mungkin. Baterai harus disimpan di tempat teduh dan tidak pernah mendapat sinar matahari langsung. Sebaiknya baterai diletakkan pada penyanggah kecil untuk membiarkan udara mengalir di bawah mereka, dengan begitu meningkatkan pendinginan.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools