WNDW: Energi surya

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Sistem Photovoltaic berbasis pada kemampuan bahan tertentu untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi daya listrik. Jumlah daya surya yang menyalakan suatu area tertentu diketahui sebagai penyinaran atau irradiance (G) dan diukur dalam watt per meter persegi (W/m^2). Nilai seketika itu biasanya dirata-rata dalam suatu periode waktu, sehingga biasa disebut total penyinaran per jam, hari atau bulan.

Tentunya, jumlah radiasi yang akurat yang tiba di permukaan bumi tidak bisa diperkirakan dengan keakuratan yang tinggi, karena variasi cuaca alami. Oleh karena itu perlu untuk bekerja dengan data statistik berdasarkan "sejarah surya" pada suatu tempat. Data ini dikumpulkan oleh kantor pengamat cuaca dalam jangka waktu yang lama dan tersedia dari sejumlah sumber, berupa tabel atau database. Di kebanyakan kasus, bisa sulit menemukan informasi terperinci mengenai suatu daerah tertentu, dan anda harus bekerja dengan nilai perkiraan.

Beberapa organisasi sudah menghasilkan peta yang meliputi nilai rata-rata penyinaran global sehari-hari untuk daerah yang berbeda. Nilai ini diketahui sebagai Waktu Puncak Matahari atau Peak Sun Hours atau PSH. Anda bisa mempergunakan nilai PSH untuk daerah anda untuk menyederhanakan perhitungan anda. Satu kesatuan "tertinggi matahari" berhubungan dengan radiasi sebanyak 1000 Watt semeter persegi. Jika kita menemukan daerah tertentu itu mempunyai 4 PSH yang terburuk di antara bulan-bulan, itu berarti bahwa pada bulan itu kita sebaiknya tidak mengharapkan penyinaran harian lebih besar daripada 4000 W/m2 (hari). Penggunaan waktu matahari tertinggi adalah cara mudah untuk melambangkan rata-rata kasus penyinaran sehari yang paling buruk.

Peta PSH beresolusi rendah tersedia dari sejumlah sumber online, seperti http://www.solar4power.com/solar-power-global-maps.html. Untuk informasi yang lebih terperinci, konsultasikan dengan vendor lokal energi surya atau pengamat cuaca lokal.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools