WNDW: Komponen sistem Photovoltaic

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Dasar sistem photovoltaic terdiri dari empat komponen utama:

  1. panel surya (solar panel)
  2. batere (batteries)
  3. regulator
  4. beban (load)

Panel bertanggung jawab untuk mengumpulkan daya matahari dan membangkitkan listrik. Baterai menyimpan daya listrik untuk penggunaannya nanti. Regulator menjamin panel dan baterai bekerja sama dalam model optimal. Beban merujuk pada alat apapun yang memerlukan daya listrik, dan merupakan jumlah konsumsi listrik dari semua peralatan listrik yang dihubungkan dengan sistem. Penting untuk diingat bahwa panel surya dan batere menggunakan arus searah atau direct current (DC).

Jika jangkauan tegangan operasional peralatan anda tidak cocok dengan tegangan yang disediakan oleh batere anda, anda perlu menggunakan converter untuk menyesuaikan tegangan. Jika peralatan anda menggunakan tegangan yang berbeda dengan tegangan batere, anda perlu mengunakan konverter DC/DC (DC/DC converter). Jika sebagian dari peralatan anda memerlukan tegangan AC, maka anda perlu menggunakan konverter DC/AC (DC/AC converter), yang juga dikenal sebagai inverter.

Setiap sistem daya listrik sebaiknya memasukkan berbagai alat keamanan untuk mengantisipasi kekacauan. Alat ini meliputi perkabelan yang baik, sekering, proteksi perubahan tegangan (surge protector), sekering, pentanahan, penangkal petir, dll.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools