WNDW: Memakai baterai mobil

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Baterai mobil tidak cocok untuk aplikasi fotovoltaik karena mereka didesain untuk memberikan arus besar hanya selama beberapa detik saja (ketika menyalakan mesin) daripada memberikan arus rendah untuk periode waktu yang lama. Karakteristik aki mobil ini (juga dinamakan baterai daya cengkeram atau traction batteries) menghasilkan sebuah kehidupan efektif yang pendek kalau dipakai di sistem fotovoltaik.

Baterai mobil dapat digunakan dalam aplikasi kecil dimana biaya rendah adalah pertimbangan yang paling penting, atau ketika baterai jenis lain tidak ada. Baterai mobil didesain untuk kendaraan dan gerobak tangan listrik. Mereka lebih murah daripada baterai yang tidak bergerak dan dapat melayani dalam sebuah instalasi fotovoltaik, walaupun mereka sering kali memerlukan pemeliharaan. Baterai ini tidak boleh terlalu banyak mengeluarkan dayanya, karena ini akan sangat secara luar biasa mengurangi kemampuan mereka untuk menyimpan daya. Sebuah baterai truk sebaiknya tidak mengeluarkan lebih dari 70% dari kapasitas totalnya. Ini berarti anda hanya bisa memakai maksimum 30% dari kapasitas nominal aki lead-acid sebelum aki tersebut harus diisi kembali.

Anda dapat memperpanjang umur baterai asam-timbal dengan menggunakan air sulingan. Dengan menggunakan densimeter atau hydrometer, anda dapat mengukur kepadatan elektrolit baterai tersebut. Sebuah aki pada umumnya mempunyai berat jenis 1,28. Menambahkan air sulingan dan merendahkan kepadatan ke 1,2 dapat membantu mengurangi korosi anoda, dengan biaya mengurangi kapasitas keseluruhan baterai. Jika anda menyesuaikan kepadatan baterai elektrolit, anda harus menggunakan air sulingan, karena air keran atau air tanah akan secara permanen merusak baterai.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools