WNDW: Memasang kabel

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Bagian penting instalasi adalah pengawatan, karena pengawatan yang baik akan menjamin pemindahan daya yang efisien. Beberapa praktek yang baik yang sebaiknya anda pertimbangkan termasuk:

  • Gunakan sekrup untuk untuk mengencangkan kabel pada sambungan baterai. Hubungan yang longgar akan memboroskan daya.
  • Oleskan Vaseline atau selai mineral pada sambungan baterai. Sambungan yang rusak mempunyai hambatan tambahan, yang menimbulkan kehilangan.
  • Untuk arus rendah (<10), pertimbangkanlah penggunaan konektor powerpole Faston atau Anderson. Untuk arus yang lebih besar, gunakanlah metalik ring berulir.

Ukuran kawat biasanya tersedia dalam American Wire Gauge (AWG). Selama perhitungan anda, anda perlu melakukan konversi antara AWG dan mm2 untuk memperkirakan hambatan kabel. Misalnya, kabel AWG #6 mempunyai diameter 4,11 mm dan dapat bekerja dengan baik sampai 55 A. Sebuah grafik koversi, yang didalamnya termasuk perkiraan hambatan dan kapasitas mengangkut arus, tersedia dalam Appendix D. Selalu ingat bahwa kapasitas mengangkut arus juga dapat bervariasi tergantung pada macam isolasi dan aplikasi. Jika anda ragu-ragu, konsultasikan dengan pabrik untuk lebih banyak informasi.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools