WNDW: Membuat sebuah Akses Point dari PC

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Tidak seperti sistem operasi konsumen (seperti Microsoft Windows), sistem operasi GNU/Linux memberi seorang administrator ke potensi untuk mengakses penuh kemampuan jaringan. Seseorang dapat mengakses dan memanipulasikan paket jaringan di tingkat mana pun dari lapisan data-link hingga lapisan aplikasi. Keputusan Routing dapat diambil berdasarkan informasi apapun yang terdapat di paket jaringan, dari alamat routing dan port sampai ke isi bagian data. Akses point yang berbasis Linux dapat bertindak sebagai router, bridge, firewall, VPN concentrator, server application, monitor jaringan, atau hampir semua peran jaringan lain yang dapat anda pikirkan. OS tersebut tersedia secara gratis dan tidak memerlukan biaya lisensi. GNU/Linux adalah alat yang sangat kuat yang bisa mengisi berbagai jenis peran pada sebuah prasarana jaringan.

Menambahkan card nirkabel dan alat Ethernet ke PC yang menjalankan Linux akan memberi anda sebuah alat yang sangat fleksibel yang bisa membantu anda memberi bandwidth dan mengelola jaringan anda dengan biaya yang sedikit. Perangkat keras bisa dari apa saja dari laptop atau desktop bekas sampai ke embedded komputer, seperti Linksys WRT54G atau kit jaringan Metrix.

Di bagian ini kita akan melihat bagaimana caranya mengkonfigurasi Linux dalam konfigurasi berikut:

  • Sebagai akses point nirkabel dengan masquerading/NAT dan sambungan kabel ke Internet (biasanya di kenal sebagai wireless gateway).
  • Sebagai akses point nirkabel yang bertindak sebagai bridge transparan. Jembatan dapat digunakan sebagai akses point sederhana, atau sebagai pengulang dengan 2 radio.

Pertimbangkan resep ini sebagai titik awal. Dengan menggunakan contoh sederhana ini, anda bisa membuat server yang bisa secara yang sangat sesuai dengan prasarana jaringan anda.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools