WNDW: Parameter panel surya

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Parameter utama yang mengkarakterisasi panel photovoltaic adalah:

  1. ARUS SIRKUIT PENDEK atau SHORT CIRCUIT CURRENT (ISC): arus maksimum yang disediakan oleh panel waktu konektor mengalami sirkuit pendek.
  2. TEGANGAN SIRKUIT TERBUKA atau OPEN CIRCUIT VOLTAGE (VOC): tegangan maksimum yang disediakan oleh panel ketika terminal tidak dihubungkan pada beban sama sekali (kontak terbuka). Nilai ini biasanya 22 V untuk panel-panel yang bekerja di sistem 12 V, dan secara langsung proporsional dengan sejumlah sel yang tersambung dalam serial.
  3. TITIK DAYA MAKSIMUM atau MAKSIMUM POWER POINT (Pmax): titik dimana daya yang disediakan oleh panel berada di titik maksimum, dimana Pmax = Imax x Vmax. Titik daya maksimum panel diukur dalam Watt (W) atau Watt tertinggi (Wp). Penting untuk tidak lupa bahwa dalam kondisi normal, panel akan tidak dapat bekerja pada kondisi tertinggi, karena tegangan operasi ditetapkan oleh beban atau pengatur. Nilai umum Vmax dan Imax sebaiknya sedikit lebih rendah daripada ISC dan VOC.
  4. FAKTOR PENGISI atau FILL FACTOR (FF): hubungan antara daya maksimum sesungguhnya yang dapat disediakan oleh panel dengan perkalian ISC x VOC. Ini memberikan anda gambaran kualitas panel karena ini adalah indikasi tipe kurva karakteristik IV. Semakin dekat FF kepada 1, semakin banyak daya yang dapat diberikan oleh panel. Nilai umum biasanya berkisar antara 0,7 dan 0,8.
  5. EFISIENSI atau EFFICIENCY (h): rasio antara daya listrik maksimum yang dapat diberikan oleh panel kepada beban dan daya dari radiasi surya (PL) yang masuk ke panel. Ini biasanya sekitar 10-12%, tergantung pada tipe sel (monocrystalline, polycrystalline, amorphous atau film tipis).

Mempertimbangkan definisi titik daya maksimum dan faktor pengisi, kita dapat melihat bahwa:

h = Pmax / PL = FF . ISC . VOC / PL

Nilai ISC, VOC, IPmax dan VPmax disediakan oleh pabrik dan merujuk pada kondisi standar pengukuran dengan penyinaran G = 1000 W/m2, pada ketinggian permukaan laut, untuk suhu sel Tc = 25oC.

Nilai parameter panel berubah jika penyinaran dan suhu berbeda. Vendor kadang-kadang akan memasukkan grafik atau tabel dengan nilai untuk kondisi yang berbeda dari yang standar. Anda sebaiknya memeriksa nilai kinerja di suhu panel yang mungkin akan sesuai dengan instalasi anda.

Perhatikan bahwa dua panel bisa mempunyai Wp yang sama tetapi berbeda tingkah laku dalam kondisi operasi yang berbeda. Ketika memperoleh panel, adalah penting untuk mengecek, jika memungkinkan, bahwa parameter mereka (setidaknya, ISC dan VOC) sesuai dengan nilai yang dijanjikan oleh vendor.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools