WNDW: Pendeteksi Jaringan

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Tool monitor nirkabel yang paling sederhana hnya memberikan daftar jaringan yang tersedia, di dampingi oleh informasi dasar (seperti kekuatan sinyal dan kanal). Mereka memungkinkan anda mendeteksi jaringan yang dekat dengan cepat dan menentukan bila mereka ada dalam jangkauan atau mengakibatkan gangguan.

  • Built-in client. Semua sistem operasi modern mempunyai built-in support untuk jaringan nirkabel. Ini biasanya termasuk kemampuan untuk scan jaringan yang tersedia, membantu user untuk memilih sebuah jaringan dari daftar. Hampir semua alat nirkabel biasanya mempunyai alat scan sederhana, fungsi bisa berbeda di setiap implementasi. Alat-alat ini biasanya hanya berguna untuk mengatur sebuah komputer di konfigurasi rumah atau kantor. Mereka biasanya hanya menyediakan sedikit informasi selain dari nama jaringan dan sinyal yang tersedia sampai dengan akses point yang sedang dipakai.
  • Netstumbler (http://www.netstumbler.com/). Ini adalah tool yang paling populer karena mendeteksi jaringan nirkabel menggunakan Microsoft Windows. Dia mendukung beberapa jenis wireless card, dan sangat mudah digunakan. Dia akan mendeteksi jaringan-jaringan yang terenkripsi dan yang terbuka, tetapi tidak bisa mendeteksi jaringan-jaringan nirkabel “tertutup”. Dia juga menampilkan kekuatan sinyal / noise dan menggambarkan sinyal yang di terima sebagai fungsi waktu. Dia juga dapat berintegrasi dengan beberapa jenis GPS, untuk mencatatkan informasi lokasi dan kekuatan sinyal secara tepat. Ini membuat Netstumbler menjadi sebuah alat berguna untuk site survey informal.
  • Ministumbler (http://www.netstumbler.com/). Dari pembuat Netstumbler, Ministumbler memberikan fungsi yang sama dengan versi Windows nya, tapi bekerja di Pocket PC Ministumbler nyaman digunakan di handheld PDA dengan sebuah wireless card untuk mendeteksi akses point.
  • Macstumbler (http://www.macstumbler.com/). Biarpun tidak terkait langsung dengan Netstumbler, Macstumbler memberi banyak fungsi yang sama tetapi untuk platform Mac OSX. Dia bekerja dengan semua Apple Airport cards.
  • Wellenreiter (http://www.wellenreiter.net/). Wellenreiter adalah sebuah pendeteksi jaringan nirkabel grafik untuk Linux. Dia membutuhkan Perl dan GTK, dan menyokong port Prism2, Lucent, dan Cisco wireless cards.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools