WNDW: Pengujian throughput

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search
Gambar 6.21: Tool seperti SpeedTest.net sangat bagus, tetapi tidak selalu memberi anda gambaran tepat dari kinerja jaringan.
Gambar 6.21: Tool seperti SpeedTest.net sangat bagus, tetapi tidak selalu memberi anda gambaran tepat dari kinerja jaringan.

Secepat apakah jaringan bisa berjalan? Berapakah kapasitas sebenarnya yang dapat digunakan di sebuah sambungan jaringan? Anda bisa mendapat perkiraan kapasitas throughput anda dengan cara membanjiri sambungan anda dengan trafik dan mengukur berapa lama waktu yang diperlukan untuk mentransfer data.

Biarpun ada halaman web yang tersedia yang akan melakukan “speed test” di browser anda (seperti http://www.dslreports.com/stest atau http://speedtest.net/), tes ini semakin tak tepat jika jaringan anda semakin jauh dari sumber tes. Lebih jelek lagi, mereka tidak mengijinkan anda menguji kecepatan pada sambungan tertentu, tetapi hanya kecepatan link anda ke tempat tertentu di Internet. Berikut adalah sedikit tool yang memungkinkan anda melakukan tes throughput atas jaringan anda sendiri.


Contents

[edit] ttcp

http://ftp.arl.mil/ftp/pub/ttcp/. Merupakan software standard di banyak sistem Unix, ttcp adalah sebuah tool sederhana untuk pengujian kinerja jaringan. Untuk melakukan tes kita harus menjalankan ttcp di ke dua sisi sambungan yang ingin anda uji. Node yang pertama berjalan di mode receive, dan yang lain akan transmit:

node_a$ ttcp -r -s 
node_b$ ttcp -t -s node_a 
ttcp-t: buflen=8192, nbuf=2048, align=16384/0, port=5001 tcp -> node_a 
ttcp-t: socket 
ttcp-t: connect 
ttcp-t: 16777216 bytes in 249.14 real seconds = 65.76 KB/sec +++ 
ttcp-t: 2048 I/O calls, msec/call = 124.57, calls/sec = 8.22 
ttcp-t: 0.0user 0.2sys 4:09real 0% 0i+0d 0maxrss 0+0pf 7533+0csw 

Sesudah mengambil data di satu arah, anda sebaiknya mengganti mesin yang transmit dengan yang receive untuk menguji hubungan di arah yang lain. Ia dapat menguji stream UDP serta TCP, dan bisa mengubah berbagai parameter TCP dan panjang buffer untuk memberi jaringan sebuah latihan yang baik. Ia bahkan bisa menggunakan data stream dari user daripada mengirim data acak. Ingat bahwa kecepatan readout ada dalam kilobyte, bukan kilobit. Kalikan hasilnya dengan 8 untuk menemukan kecepatan di kilobit per detik. Satu-satunya kerugian untuk ttcp adalah bahwa ia tidak dikembangkan selama bertahun-tahun. Untungnya, kodenya sudah dikeluarkan ke public domain dan bisa diambil dengan leluasa. Seperti ping dan traceroute, ttcp adalah alat standar di banyak sistem.


[edit] iperf

http://dast.nlanr.net/Projects/Iperf/. Seperti ttcp, iperf adalah sebuah tool command line untuk memperkirakan throughput sebuah sambungan jaringan. Ia mendukung banyak fitur yang sama seperti ttcp, tetapi menggunakan model“client” dan “server” daripada pasangan “receive” dan “transmit”. Untuk menjalankan iperf, jalankan sebuah server di satu sisi dan sebuah klien di sisi yang lain:

node_a$ iperf -s 
node_b$ iperf -c node_a 
------------------------------------------------------------ 
Client connecting to node_a, TCP port 5001 
TCP window size: 16.0 KByte (default) 
------------------------------------------------------------ 
[  5] local 10.15.6.1 port 1212 connected with 10.15.6.23 port 5001 
[ ID] Interval            Transfer       Bandwidth 
[  5]  0.0-11.3 sec        768 KBytes     558 Kbits/sec 

Sisi server akan terus mendengarkan dan menerima sambungan klien di port 5001 sampai anda menekan control-C untuk menghentikannya. Ini bisa membuatnya berguna ketika menjalankan beberapa test sekaligus dari berbagai jenis lokasi.

Perbedaan terbesar antara ttcp dan iperf adalah iperf masih dikembangkan, dan punya banyak fitur baru (termasuk sokongan IPv6). Ini membuatnya sebuah pilihan yang bagus untuk dipakai sebagai tool kinerja ketika membuat jaringan baru.


[edit] bing

http://fgouget.free.fr/bing/index-en.shtml. Daripada membanjiri koneksi dengan data dan melihat berapa lama transfer dilakukan, Bing mencoba menaksir throughput yang tersedia dari koneksi point-to-point dengan menganalisa round trip times untuk berbagai ukuran paket ICMP. Biarpun tidak selalu tepat seperti sebuah tes yang membanjiri sambungan, ia bisa menyediakan perkiraan baik tanpa harus mentransmit banyak byte.

Karena bing menggunakan ICMP echo request yang standar, ia bisa menaksir bandwidth yang tersedia tanpa harus menjalankan sebuah klien istimewa di akhir yang lain, dan bahkan bisa mencoba untuk menaksir throughput dari sebuah link di luar jaringan anda. Karena ia menggunakan bandwidth yang relatif kecil, bing bisa memberi anda gambaran kasar dari kinerja jaringan tanpa harus membajnjiri jaringan.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools