WNDW: Persyaratan

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Sebelum melanjutkan, anda sudah sebaiknya mengenal baik Linux dari perspektif pengguna, dan dapat menginstal distribusi Gnu/distribusi pilihan anda. Pengertian dasar perintah teks (terminal) dalam Linux juga diperlukan.

Anda akan memerlukan sebuah komputer dengan satu atau lebih card nirkabel yang sudah terpasang, dan juga interface Ethernet. Contoh ini menggunakan card dan driver tertentu, tetapi ada sejumlah kartu yang berbeda yang juga berfungsi sama baiknya. Kartu nirkabel berbasis chipset Atheros dan Prisma berfungsi secara baik. Contoh ini didasarkan di Ubuntu Linux versi 5.10 (Breezy Badger), dengan card nirkabel yang didukung oleh driver HostAP atau MADWiFi. Untuk informasi lebih banyak mengenai driver ini, lihatlah http://hostap.epitest.fi/dan http://madwifi.org/.

Perangkat lunak berikut diperlukan untuk menyelesaikan instalasi ini. Perangkat lunak ini biasanya disediakan di distribusi Linux anda:

  • Tool untuk nirkabel (perintah iwconfig, iwlist)
  • firewall iptables
  • dnsmasq (caching DNS server dan DHCP server)

Daya CPU yang diperlukan bergantung pada seberapa banyak pekerjaan yang harus dilakukan diluar routing sederhana dan NAT. Untuk banyak aplikasi, sebuah mesin 486 133MHz dengan sempurna dapat melakukan routing paket pada kecepatan nirkabel. Jika anda bermaksud menggunakan banyak enkripsi (seperti WEP atau server VPN), maka anda akan memerlukan sesuatu yang lebih cepat. Jika anda juga ingin menjalankan caching server (seperti Squid) maka anda akan memerlukan komputer dengan harddisk dan RAM yang besar dan cepat. Sebuah router yang khusus hanya melakukan NAT akan beroperasi secara baik dengan hanya 64MB RAM dan harddisk.

Ketika membuat mesin yang dimaksudkan untuk menjadi bagian prasarana jaringan anda, selalu ingat bahwa harddisk mempunyai umur yang terbatas dibandingkan dengan kebanyakan bagian lainnya. Anda dapat sering menggunakan bentuk penyimpanan yang solid, seperti flash disk, sebagai pengganti harddisk. Ini bisa berupa USB flash drive (mengasumsikan PC anda akan di-boot dari USB), atau kartu Compact Flash yang di pasang menggunakan CF ke IDE adapter. Adapter ini cukup murah, dan akan membuat kartu CF tampil berfungsi seperti IDE harddisk yang standar. Mereka bisa digunakan di PC apapun yang mendukung harddisk IDE. Karena mereka tidak mempunyai bagian yang bergerak, mereka akan beroperasi selama beberapa tahun tahun pada suhu operasi yang jauh lebih lebar daripada yang bisa ditolerir oleh hard disk.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools