WNDW: Produk proxy server

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Ada beberapa Web server proxy yang tersedia. Berikut adalah paket perangkat lunak yang banyak digunakan:

  • Squid. Open source Squid adalah secara standard de facto di perguruan tinggi. Squid adalah gratis, handal, mudah digunakan dan dapat ditingkatkan (misalnya, menambahkan filter konten dan memblokir iklan). Squid menghasilkan catatan yang dapat di analisa menggunakan perangkat lunak seperti Awstats, atau Webalizer, keduanya open source dan menghasilkan laporan grafis yang baik. Dalam kebanyakan kasus, lebih mudah untuk meng-install sebagai bagian dari distribusi daripada men-download-nya dari http://www.squid-cache.org/ (sebagian besar distribusi Linux seperti Debian, sebagai baik sebagai versi Unix lainnya seperti NetBSD dan FreeBSD telah menyediakan Squid). Panduan konfigurasi Squid yang baik dapat ditemukan pada Wiki Panduan Pengguna Squid di http://www.deckle.co.za/squid-users-guide/.
  • Microsoft proxy server 2.0. Tidak tersedia untuk instalasi baru karena telah digantikan oleh Microsoft ISA server dan tidak lagi didukung. Walaupun demikian digunakan oleh beberapa lembaga, meskipun mungkin tidak harus dipertimbangkan untuk pemasangan baru.
  • Microsoft ISA server. ISA server merupakan proxy server program yang baik, tetapi terlalu mahal untuk apa yang dia lakukan. Namun, dengan diskon akademik mungkin terjangkau untuk beberapa lembaga. Dia dapat membuat sendiri laporan grafis, namun log file juga dapat dianalisa dengan perangkat lunak analisa populer seperti Sawmill (http://www.sawmill.net/). Administrator di situs dengan MS ISA Server harus menghabiskan waktu cukup banyak untuk mengkonfigurasi ijin; karena MS ISA Server sendiri adalah pengkonsumsi bandwidth yang sangat besar. Misalnya, instalasi default dapat dengan mudah mengkonsumsi bandwidth lebih dari situs telah digunakan sebelumnya, karena halaman populer dengan masa kadaluwarsa singkat (seperti situs berita) yang terus di refresh. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur ijin pre-fetching (pra-mengambilan), dan mengkonfigurasi pra-mengambilan terutama dilakukan di malam hari. ISA Server juga dapat terikat untuk produk konten penyaringan seperti WebSense. Untuk informasi lebih lanjut, lihat: http://www.microsoft.com/isaserver/ dan http://www.isaserver.org/.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools