WNDW: Software perencanaan sambungan

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Walaupun menghitung link budget menggunakan tangan sangat mudah, terdapat sejumlah tool yang tersedia untuk membantu mengotomatisasi proses. Selain itu untuk menghitung free space loss, alat ini akan mengambil banyak faktor lain yang terkait (seperti penyerapan oleh pohon, efek daerah, iklim, dan bahkan memperkirakan path loss di perkotaan). Pada bagian ini, kita akan membahas dua tool gratis / bebas yang berguna untuk perencanaan sambungan nirkabel: Green Bay Packet Radio Profesional utilitas online untuk mendisain jaringan secara interaktif, dan RadioMobile.


Contents

[edit] CGI untuk disain secara interaktif

Green Bay Packet Radio Profesional grup (GBPRR) telah membuat sekumpulan tool untuk perencanaan jaringan yang tersedia secara online dan gratis. Anda dapat mengakses tool ini secara online di http://www.qsl.net/n9zia/wireless/page09.html. Karena tool ini tersedia secara online, mereka dapat di akses menggunakan perangkat yang memiliki web browser dan akses Internet.

Kami akan melihat tool pertama, Jaringan Wireless Link Analisis, secara rinci. Anda dapat melihatnya secara online di http://my.athenet.net/~multiplx/cgi-bin/wireless.main.cgi.

Untuk memulai, masukkan kanal yang akan digunakan pada sambungan. Kanal dapat di set dalam MHz atau GHz. Jika anda tidak mengetahui frekuensinya, lihat tabel di Appendix B. Perlu di catat bahwa tabel hanya di perlihatkan frekwensi tengah kanal, sedangkan tool akan meminta untuk dimasukan frekuensi tertinggi. Perbedaan hasil akhir tidak berbeda jauh, jadi anda bebas menggunakan frekuensi tengah. Untuk menemukan tertinggi yang akan digunakan pada kanal, anda cukup menambahkan 11MHz ke frekuensi tengah.

Selanjutnya, memasukkan rincian untuk sisi pemancar, termasuk jenis saluran transmisi, penguatan antena, dan rincian lainnya. Cobalah untuk mengisi sebanyak mungkin data yang anda tahu atau dapat anda perkirakan. Anda juga dapat memasukkan ketinggian antena dan ketinggian tempat. Data ini akan digunakan untuk menghitung sudut miringnya antena. Untuk menghitung zona Fresnel clearance, anda perlu menggunakan GBPRR Zona Fresnel Kalkulator.

Bagian berikut sangat mirip, tetapi mencakup informasi tentang ujung sambungan lainnya. Masukkan semua data yang tersedia di tempat yang tersedia.

Akhirnya, bagian terakhir menjelaskan iklim, daerah, dan jarak sambungan. Masukkan sebanyak mungkin data yang anda tahu atau anda perkirakan. Jarak sambungan dapat dihitung dengan menentukan lintang dan bujur dari kedua tempat, atau dimasukkan dengan tangan.

Sekarang, klik tombol Submit untuk memperoleh laporan lebih detil laporan mengenai sambungan yang diusulkan. Ini akan termasuk semua data yang dimasukkan, serta proyeksi path loss, banyaknya error, dan lama waktu sambungan dapat digunakan. Hasil tersebut sepenuhnya semua teori, tetapi cukup memberikan bayangan kasar kepada anda akan kelayakan sambungan. Dengan mengatur nilai pada form, anda dapat bermain "jika-maka?" Untuk melihat bagaimana perubahan berbagai parameter akan mempengaruhi sambungan.

Di samping tool analisis sambungan yang dasar, GBPRR menyediakan "edisi super" yang akan menghasilkan sebuah laporan PDF, serta sejumlah tool lain yang sangat berguna (termasuk diantaranya Kalkulator Zona Fresne, Kalkulayor Jarak & Arah, dan Kalkulator Konversi Decibel). Source code sebagian besar tool ini juga tersedia.


[edit] RadioMobile

Gambar 3.20: Kelayakan sambungan, termasuk zona Fresnel dan perkiraan line of sight, menggunakan RadioMobile
Gambar 3.20: Kelayakan sambungan, termasuk zona Fresnel dan perkiraan line of sight, menggunakan RadioMobile

Mobile radio merupakan tool untuk desain dan simulasi sistem nirkabel. Ia memperkirakan kinerja sambungan radio dengan menggunakan informasi tentang peralatan dan peta digital dari kawasan. Ini adalah perangkat lunak publik domain yang berjalan pada Windows, atau menggunakan Linux dan Wine emulator.

Mobile radio menggunakan model digital daerah ketinggian untuk perhitungan cakupan, menunjukkan kekuatan sinyal yang diterima di berbagai tempat di sepanjang path. Secara otomatis membangun profil antara dua titik di peta digital yang menunjukkan cakupan wilayah dan zona Fresnel yang pertama. Saat simulasi, ia akan memeriksa line of sight dan menghitung path loss, termasuk loss akibat gangguan. Sangat mungkin untuk membuat jaringan dari beberapa topologi yang berbeda, termasuk jaringan master/slave, point-to-point, dan point-to-multipoint. Software ini dapat digunakan untuk menghitung wilayah cakupan dari base stasiun dalam sebuah sistem point-to-multipoint. Ia bekerja untuk sistem yang memiliki frekuensi dari 100 kHz sampai 200 GHz. Peta digital ketinggian (Digital Elevation Map / DEM) tersedia secara gratis dari beberapa sumber, dan tersedia untuk sebagian besar wilayah di dunia. DEM tidak menunjukkan pantai atau tanda-tanda yang kita kenali, tetapi mereka dapat dengan mudah dapat dikombinasikan dengan jenis lain data (seperti foto udara atau grafik topografi) pada beberapa lapisan agar lebih berguna dan mudah dikenali. Anda dapat digitisasi peta anda sendiri dan menggabungkannya dengan DEM. Ketinggian peta digital dapat bergabung dengan peta hasil scan, foto satelit dan peta layanan internet (seperti Google Maps) untuk menghasilkan plot prediksi yang akurat.

Halaman Web utama Radio Mobile, dengan contoh dan tutorial, tersedia di: http://www.cplus.org/rmw/english1.html


[edit] RadioMobile menggunakan Linux

Radio Mobile juga akan bekerja menggunakan Wine di bawah Ubuntu Linux. Aplikasi berhasil di jalankan, sayang beberapa tombol label berjalan melebihi frame dari tombol dan akan sulit untuk dibaca.

Kami berhasil membuat Radio Mobile bekerja di Linux dengan menggunakan peralatan berikut:

  • IBM Thinkpad x31
  • Ubuntu Breezy (v5.10), http://www.ubuntu.com/
  • Wine versi 20050725, dari repositori Ubuntu Universe

Petunjuk rinci untuk memasang RadioMobile pada Windows di http://www.cplus.org/rmw/english1.html. Anda harus mengikuti semua langkah-langkah kecuali untuk langkah 1 (karena sulit untuk extract DLL dari VBRUN60SP6.EXE di Linux). Anda lebih baik mengcopy file MSVBVM60.DLL dari mesin Windows yang sudah memiliki run-time environment Visual Basic 6 yang terinstall, atau Google untuk file MSVBVM60.DLL, dan men-download file.

Lanjutkan dengan langkah 2 dari URL di atas, pastikan unzip file yang di-download pada direktori yang sama dimana anda tempatkan file DLL yang di-download. Perlu diketahui bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang hal setelah langkah 4; ini adalah langkah-langkah tambahan yang diperlukan hanya untuk pengguna Windows.

Akhirnya, anda dapat mulai menjalankan Wine dari terminal dengan perintah:

# wine RMWDLX.exe 

Anda akan melihat RadioMobile dengan senang berjalan dalam sesi XWindows.



[edit] Pranala Menarik

Personal tools