WNDW: USB wireless sebagai feed pada piringan parabola

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Mungkin bentuk antena yang paling sederhana adalah penggunaan parabola untuk mengarahkan output dari USB wireless (atau biasa disebut USB dongle). Dengan menempatkan bagian antena dipole yang ada di USB wireless pada fokus piringan parabola, anda bisa menyediakan gain yang signifikan tanpa harus menyolder ataupun membongkar alat nirkabel tersebut. Bermacam-macam piringan parabola dapat berfungsi, termasuk diantaranya adalah piringan satelit, antena televisi, dan alat masak logam (seperti wajan, tutup panci yang bundar, atau saringan). Sebagai bonus, kabel USB yang murah dan yang rentan terhadap kehilangan gain kemudian digunakan sebagai input ke antena, menghilangkan keperluan untuk kabel coax yang mahal atau Heliax.

Untuk membuat USB wireless parabola, anda perlu menemukan orientasi dan lokasi dipole di dalam dongle. Kebanyakan alat mengorientasikan dipole untuk sejajar dengan pinggiran pendek dongle, tetapi sebagian meletakkan dipole tegaklurus terhadap pinggiran pendek tersebut. Anda bisa membuka dongle dan mencari sendiri, atau dengan sederhana berusaha mencoba dongle di kedua posisi untuk melihat yang mana yang menyediakan lebih banyak gain. Untuk menguji antena, arahkan antena tersebut ke akses point beberapa meter jauhnya, dan menyambung USB wireless ke laptop. Dengan menggunakan client driver laptop atau software seperti Netstumbler (lihat Bab 6), coba anda amati kekuatan sinyal akses point yang diterima. Sekarang, pindahkan secara perlahan USB wireless relatif terhadap antenna parabola, sekaligus memperhatikan kekuatan signal. Anda akan melihat adanya peningkatan yang signifikan dalam gain (20 dB atau lebih) ketika anda mencari posisi yang baik. Posisi yang benar akan bervariasi menurut bentuk parabola dan konstruksi USB wirless. Cobalah berbagai posisi pada saat mengawasi kekuatan sinyal anda sampai anda menemukan lokasi optimal.

Setelah lokasi terbaik ditemukan, matikan USB wireless pada tempatnya. Anda perlu untuk membuat USB wireless dan kabel-nya kedap air jika antena digunakan di luar. Gunakan silicone compound atau sepotong pipa PVC untuk melindungi perangkat elektronik dari cuaca. Banyak bentuk disain dan ide parabola dengan USB terdokumentasi secara online di http://www.usbwifi.orcon.net.nz/.


[edit] Referensi


[edit] Pranala Menarik

Personal tools