Webmin

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Webmin merupakan sistem konfigurasi berbasis web untuk OpenSolaris, Linux dan Unix lainnya, walaupun versi baru juga dapat diinstal dan berjalan di Windows. Dengan ini anda dapat mengkonfigurasi berbagai internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, layanan, file-file konfigurasi dll, serta memodifikasi dan banyak aplikasi open source, seperti Apache Web Server, PHP, MySQL dll.

Webmin berbasis Perl, berjalan sendiri sebagai proses dan web server. Default Webmin menggunakan TCP port 10000 untuk berkomunikasi, dan dapat dikonfigurasi untuk menggunakan SSL openssl jika dipasang dengan tambahan diperlukan Perl Modules.

Webmin dibangun menggunakan modul, yang memiliki antarmuka ke file-file konfigurasi dan Webmin server. Hal ini akan memudahkan untuk menambahkan fungsi baru tanpa banyak bekerja. Karena Webmin dari desain modular, akan mungkin bagi siapa saja yang tertarik untuk menulis plugin untuk desktop konfigurasi.

Webmin juga memungkinkan untuk mengendalikan banyak komputer melalui satu antarmuka, atau login ke mesin webmin pada subnet LAN yang sama.

Webmin terutama di program oleh Jamie Cameron dari Australia. Webmin yang dirilis menggunakan lisensi BSD.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools