WiFi: Disain Jaringan Wireless berbasis WiFi

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Kita perlu menghitung secara detail link budget apakah cukup untuk menempuh jarak yang sedemikian jauh. Contoh sederhana dari perhitungan system operating margin dapat ditemukan di http://www.terabeam.com/support/calculations/som.php

Berbeda dengan penggunaan di Indoor, kemampuan untuk menghitung link budget & jarak jangkau menjadi sangat penting sekali jika kita bermain dengan peralatan WLAN untuk jarak jauh. Perhitungan yang demikian tidak di perlukan jika kita menggunakannya untuk aplikasi Indoor.

Ada beberapa parameter yang perlu di perhitungkan agar system dapat bekerja secara baik, yaitu:

  • System Operating Margin (SOM), yang berhubungan dengan daya pemancar, tipe antenna, panjang kabel coax, dan jarak. Pastikan kita mempunyai cukup daya untuk mencapai jarak yang demikian jauh.
  • Free Space Loss (FSL), loss dari daya pada sinyal radio karena merambat / berpropagasi di udara setelah melalui jarak tertentu.
  • Fresnel Zone Clearance (FZC), untuk melihat kebutuhan dari tinggi antenna yang dibutuhkan, daerah bebas yang harus ada di atas halangan.
  • Arah antenna, antenna down tilt, dan antenna down tilt coverage radius semua dibutuhkan untuk melihat arah dari daerah yang akan kita beri servis.

Contents

[edit] Lebih Detail

[edit] Penggunaan Software UBNT

[edit] Referensi

[edit] Perhitungan Link Budget

[edit] Pranala Menarik

Personal tools