WiFi: Disain MAN Empat (4) Non-Overlapping Channel Sectoral Access Point

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search
P2MP denngan empat (4) non-overlapping channel
P2MP denngan empat (4) non-overlapping channel

Implementasi yang efektif pada sebuah infrastruktur WiFi berbasis pada empat (4) non-overlapping channel dapat dilakukan dengan menggunakan model jangkauan segi empat. Antenna sektoral 90 derajat biasanya digunakan pada Access Point untuk empat (4) non-overlapping channel.

P2MP dengan empat (4) non-overlapping channel pada tiga (3) tower
P2MP dengan empat (4) non-overlapping channel pada tiga (3) tower

Pada konfigurasi dengan empat (4) non-overlapping channel kita dapat meletakan empat (4) Access Point yang bekerja pada frekuensi yang berbeda pada satu tower yang sama. Setiap antenna sektoral di arahkan 90 derajat berbeda satu sama lain dan masing-masing akan menjangkau sel sejauh 6-8 km jauhnya. Konfigurasi ini di perlihatkan di gambar.

Tentunya dengan menggunakan empat (4) non-overlapping channel akan mengcover wilayah yang jauh lebih besar daripada apa yang kita lihat sebelumnya. Tampak efek penggunaan empat (4) non-overlapping channel lebih dahyat lagi, dengan tiga (3) buah tower, kita dapat menjangkau dua belas (12) sel. Tentunya jumlah node WiFi menjadi bertambah, jumlah computer yang tersambung juga bertambah tapi investasi tower dan supportingnya tidak perlu bertambah.

[edit] Pranala Menarik

Personal tools