WiFi: Penentuan Posisi Mengunakan Nokia E71

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Bagi anda yang mempunyai Nokia seri E71 cukup beruntung karena di dalamnya sudah ada GPS & bisa di akses melalui Menu -> GPS -> GPS Data.

Menu GPS Data
Menu GPS Data

Jika menu GPS Data di klik maka Nokia E71 akan mulai mengambil data dari satelit GPS yang lewat dan mulai melakukan perhitungan posisi Nokia E71. Ada tiga (3) aplikasi di bawah GPS Data yang dapat digunakan, yaitu,

  • Navigation - untuk melihat arah ke sebuah lokasi dari lokasi kita saat ini, maupun waktu tempuh-nya jika kita menggunakan kendaraan yang bergerak. Ini dapat berguna saat kita mengarahkan antenna.
  • Position - untuk melihat posisi, ketinggian kita, akurasi posisi, juga kecepatan kendaraan jika kita bergerak. Menu posisi ini yang akan sangat berguna sekali di lapangan.
  • Trip distance - untuk melihat jarak yang sudah di tempuh, kecepatan saat ini, kecepatan rata-rata.

Contents

[edit] Menentukan Posisi

Menu Position
Menu Position

Tampilan menu posisi cukup sederhana, kita akan memperoleh informasi,

  • Lattitude - koordinat lintang
  • Longitude - koordinat bujur
  • Accuracy - ketepatan / keakuratan
  • Altitude - ketinggian
  • Accuracy Altitude - ketepatan ketinggian
  • Speed - kecepatan kendaraan jika kita bergerak. Jika tidak bergerak maka Speed akan kosong seperti tampak pada contoh gambar.

[edit] Menentukan Arah

Set Destination pada menu Navigation
Set Destination pada menu Navigation

Untuk menentukan arah dari posisi kita saat ini ke sebuah posisi lain. Kita dapat menggunakan menu Navigation. Klik Select (Sebelah Kiri Bawah) -> Set Destination -> kita pilih antara Landmark dan Coordinates. Landmark adalah posisi yang sudah kita tandai (mark) sebelumnya. Sementara Coordinates adalah Lintang & Bujur sebuah lokasi jika kita belum menandai sebelumnya.

Arah ke tujuan
Arah ke tujuan

Setelah Destination di Set maka akan di perlihatkan apakah arah kita sudah tepat atau belum ke arah posisi yang dituju. Jika kita berkendaraan dan bergerak akan di informasikan juga

  • Duration - waktu tempuh menuju tempat tujuan.
  • Speed - kecepatan kendaraan.

Alternatif cara menentukan arah setelah posisi di peroleh dari GPS dapat menggunakan menggunakan file SpreadSheet http://125.160.17.21/speedyorari/view.php?file=orari-diklat/teknik/2.4ghz/buku-wifi/wireless-network-calculation-2-2003.xls untuk menentukan arah tersebut.


[edit] Melihat Kondisi Satelit GPS

Status Satelit GPS
Status Satelit GPS

Pada semua menu yang ada, di bagian Select selalu ada menu Satellite Status untuk melihat berapa satelit GPS yang dapat di monitor pada suatu saat.


[edit] Melihat Posisi pada Peta

Peta Posisi pada Nokia E71
Peta Posisi pada Nokia E71

Nokia E71 biasanya sudah mempunyai built-in peta yang lumayan lengkap untuk Jawa & Bali. Kita dapat melihat posisi kita pada peta melalui Menu -> GPS -> Maps.

[edit] Referensi

[edit] Pranala Menarik

Personal tools